Program Akademi BCA Lahirkan Puluhan Talenta Digital 

Red: Fernan Rahadi

Para siswa BCA SYNRGY Academy Batch 2.
Para siswa BCA SYNRGY Academy Batch 2. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berupaya memberikan nilai tambah bagi Indonesia dengan mendukung lahirnya talenta-talenta baru di dunia digital. Upaya tersebut diwujudkan melalui program akademi BCA bernama BCA SYNRGY Academy.

Beberapa waktu lalu BCA SYNRGY Academy Batch 2 telah resmi berakhir dan melahirkan 48 siswa-siswi yang siap berkarier di dunia digital. Sebelumnya, BCA telah menciptakan 36 talenta siap bekerja melalui SYNRGY Academy Batch 1.

Perjalanan SYNRGY Academy Batch 2 dimulai sejak Januari 2021 hingga memasuki tahapan akhir pada Juli 2021 lalu. Pada akhir perjalanan mereka, siswa-siswi SYNRGY Academy Batch 2 mempresentasikan proyek akhir yang merupakan hasil dari kerja sama tim. Mengusung tema “Gamification in Banking: How Banks Make Their Apps Engaging”, siswa-siswi mendapatkan tugas untuk membuat prototipe aplikasi perbankan yang mampu menarik perhatian pengguna tanpa menghilangkan esensinya. 

Pada Batch 2 ini, sebanyak 48 siswa berhasil lulus dari pilihan kelas masing-masing, antara lain kelas Android Engineering, Backend Engineering, Frontend Engineering, Quality Assurance, dan UI/UX Design. 

Vice President IT BCA Yohanes Andiyanto mengungkapkan bahwa konsep gaming di aplikasi banking terhitung langka, namun dapat menjadi daya tarik yang tinggi. "Kami mengapresiasi semangat siswa-siswi yang tetap konsisten kelas untuk menggali ilmu sejauh mungkin. Konsep gamification yang ada di dalam platform banking itu sangat minim atau challenging untuk bisa dimasukkan interaksi sosial. Tapi, konsep gaming dilakukan untuk membuat showcase atau achievement yang bisa ditunjukkan (menjadi daya tarik) ke teman-teman, ke komunitas atau siapa pun itu kenalan kita di media sosial," katanya, dalam siaran pers, Jumat (27/8).

Prototipe aplikasi masing-masing tim dipresentasikan di acara Final Showcase yang diadakan pada Juli 2021. Pada kesempatan tersebut, terdapat tiga aplikasi dengan nama Beasy (Banking Can Be Easy), Jalin (Be Pleasure to Your Bankin’) dan Monola (Buat Pengalaman Banking-mu Mudah dan Seru!). Melalui presentasi tersebut dapat terlihat bahwa masing-masing aplikasi memiliki fitur, aspek, dan keunikannya tersendiri. Namun ketiganya sama-sama menekankan tujuan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi.

Selain untuk mempresentasikan prototipe aplikasi, Final Showcase juga bertujuan untuk menunjukkan bahwa berkolaborasi merupakan aspek penting yang perlu untuk diperhatikan dan diasah. Hal tersebut juga ditekankan oleh Co-Founder Binar Academy Seto Lareno yang menjadi juri dalam kegiatan Final Showcase SYNRGY Academy Batch 2.

"Di showcase ini kita sama-sama belajar bagaimana caranya kita berinteraksi dan bekerjasama secara tim untuk mengimplementasikan project kompleks, kolaborasi yang dinamakan dengan social learning ini akan terjadi dalam lingkungan profesional. Tidak ada lagi one man stand out atau kerja sendiri, semua kerja tim. Ini akan menjadi sebuah filosofi, bahwa kedepannya tidak ada kerja satu orang, semua harus punya daya kolaborasi yang kuat," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Harga Saham BCA Semakin Terjangkau karena Stock Split

BCA Kembali Buka SYNRGY Batch 4

Presdir BCA: 90 Persen Produk di E-Commerce Impor

BCA Siapkan Uang Tunai Rp 53 triliun Jelang Lebaran

Tawaran Beasiswa untuk Lulusan SMA/SMK, Ini Syaratnya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark