Kamis 26 Aug 2021 06:38 WIB

Youtube Jangkau 2 Juta Kreator dalam Program Monetisasi

Youtube telah membayar lebih dari 30 juta dolar AS selama 3 tahun terakhir.

Rep: Noer Qomariah/ Red: Friska Yolandha
Seorang pelajar SMP menyelesaikan pembuatan video animasi bertema peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Badung, Bali, Jumat (13/8). Youtube mengumumkan mereka telah menjangkau dua juta kreator dalam program monetisasinya.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Seorang pelajar SMP menyelesaikan pembuatan video animasi bertema peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Badung, Bali, Jumat (13/8). Youtube mengumumkan mereka telah menjangkau dua juta kreator dalam program monetisasinya.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Youtube mengumumkan mereka telah menjangkau dua juta kreator dalam program monetisasinya. Meskipun informasi ini merupakan salah satu perayaan, pengumuman tersebut juga bertujuan untuk mengingatkan dunia akan pengaruhnya perusahaan melalui Program Mitra Youtube (YPP).

Program tersebut semacam program monetisasi terbuka, di mana siapa saja yang memenuhi syarat dapat bergabung dan mulai menghasilkan uang. “Faktanya, kami berbagi lebih dari setengah pendapatan yang dihasilkan dengan pembuat konten. Dan, YPP terus menjadi salah satu penggerak ekonomi kreator terbesar di dunia,” tulis Chief Product Officer YouTube Neal Mohan dalam entri blognya, dilansir dari Malay Mail, Kamis (26/8).

Platform menunjukkan bahwa mereka telah membayar lebih dari 30 miliar dolar Amerika Serikat (AS) kepada pencipta, artis dan perusahaan multimedia dalam tiga tahun terakhir saja. Dalam menghadapi semakin menonjolnya Tiktok dalam pembuatan video, Youtube menekankan peran perintisnya dalam domain tersebut.

“Sekarang, lebih dari dua juta kreator berpartisipasi dalam YPP secara global, termasuk banyak yang mungkin tidak memiliki platform,” tulis unggahan tersebut.

Youtube mengungkapkan di AS, saluran dengan pendapatan enam digit atau lebih tumbuh 35 persen pada 2020. Pemirsa juga tumbuh di situs streaming karena lebih dari 4.500 saluran Youtube memiliki lebih dari 100 ribu pelanggan, setara dengan peningkatan lebih dari 20 persen dalam satu tahun, seperti halnya saluran dengan lebih dari satu juta pelanggan.

Pertumbuhan itu bermanfaat bagi situs dan juga bermanfaat bagi ekonomi yang lebih besar. “Pada 2019 saja, ekosistem kreatif Youtube mendukung setara dengan 345.000 pekerjaan penuh waktu, hanya di AS,” perusahaan mencatat.

Sementara platform sering dituduh kurang moderasi, Youtube menyoroti banyak fiturnya untuk melindungi penggunanya dengan lebih baik. Langkah-langkah untuk lebih memastikan 'keamanan merek' untuk merek di Youtube.

“Dengan sistem yang ditingkatkan dan kepercayaan pengiklan yang meningkat, kami mengembangkan ekonomi dan membuat saluran di YPP lebih sukses secara keseluruhan. Jumlah channel baru yang bergabung dengan YPP pada 2020 meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya,” kata perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement