Rabu 25 Aug 2021 21:00 WIB

PTM di Madrasah Dinilai Perlu Dilakukan Bertahap

Perlu uji coba terlebih dahulu sebelum PTM di madrasah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
PTM di Madrasah Dinilai Perlu Dilakukan Bertahap. Foto: Suasana pembelajaran jarak jauh (PJJ) di TK Madrasah Pembangunan (ilustrasi).
Foto: DOK Madrasah Pembangunan
PTM di Madrasah Dinilai Perlu Dilakukan Bertahap. Foto: Suasana pembelajaran jarak jauh (PJJ) di TK Madrasah Pembangunan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VIII DPR Bukhori Yusuf menilai pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di madrasah perlu dicoba secara bertahap. Namun dia mengingatkan, untuk melakukan PTM, penerapan protokol kesehatan di lingkungan madrasah harus dipastikan.

"Saya kira bisa dicoba namun pelaksanaannya tetap secara bertahap dan juga protokol kesehatan yang ketat," kata dia saat dimintai tanggapan, Rabu (25/8).

Baca Juga

Menurut Bukhori, madrasah telah memiliki kesiapan untuk membuka kembali pembelajaran secara tatap muka. Meski begitu, menurut dia, di antara hal yang bisa dilakukan untuk memastikan kesiapan madrasah adalah melalui vaksinasi kepada guru, murid dan juga tenaga kependidikan lainnya.

Selain itu, Bukhori menambahkan, pemerintah melalui Kementerian Agama harus mempersiapkan berbagai hal hingga situasi terburuk yang mungkin terjadi. Salah satu penanganan yang bisa dilakukan yakni dengan menyediakan tempat isolasi jika kemudian ada yang terpapar Covid-19.

"Kementerian Agama perlu memfasilitasi vaksinasi dan protokol kesehatan lainnya serta memberikan pengarahan. Termasuk juga menyiapkan antisipasi ketika terjadi keterpaparan baik dari sisi ruangan isolasi maupun penanganannya," kata dia.

Madrasah di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1, 2 dan 3 sudah boleh melaksanakan PTM tapi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dan aturan yang berlaku. Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan agar madrasah tetap menjaga prokes ketat saat PTM.

Kepala Sub Direktorat Kurikulum dan Evaluasi pada Direktur KSKK Madrasah Kemenag, Ahmad Hidayatullah, mengatakan, madrasah sudah melakukan persiapan-persiapan untuk melakukan PTM sejak beberapa pekan yang lalu. Ada juga madrasah yang sudah melakukan uji coba melakukan PTM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement