Selasa 24 Aug 2021 10:02 WIB

Pandemi, Setara 2021 Digelar Virtual

Kegiatan ini akan beri pengalaman luar biasa bagi siswa-siswi karena digelar virtual

Berbagai lomba Semarak Tujuh Puluh untuk Edukasi, Seni dan Olahraga (Setara) akan digelar secara virtual antara 14 Agustus hingga 16 Oktober 2021.
Foto: .
Berbagai lomba Semarak Tujuh Puluh untuk Edukasi, Seni dan Olahraga (Setara) akan digelar secara virtual antara 14 Agustus hingga 16 Oktober 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 tak menghalangi BPH OSIS SMA Negeri 70 Jakarta untuk tetap menggelar berbagai lomba bertepatan dengan HUT yangn ke-40 sekolah negeri itu. Berbagai lomba Semarak Tujuh Puluh untuk Edukasi, Seni dan Olahraga (Setara) akan digelar secara virtual antara 14 Agustus hingga 16 Oktober 2021.

Ketua Pelaksana Setara, Rama Rayhan Avianto, mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja BPH OSIS 2020 – 2021 yang berbentuk lomba dalam bidang e-sport, olahraga, edukasi, dan seni. "Tujuan dari ajang ini untuk menyalurkan kreativitas dan sportivitas siswa-siswi, menjalin silaturahmi dengan sekolah-sekolah lain se-Indonesia serta mempererat kekeluargaan antara siswa-siswi SMA 70 Jakarta," ujar dia.

Ada 14 cabang yang dilombakan secara virtual itu, antara lain Vocal Grup, Paskibra, Three-point Contest, Band, Tari Tardisional, dan English Debate. Lalu English Speech SMA, Freestyle Football, Gilm Pendek, Photography, Poster SMA, Mobil Legend, Valorant, serta PUBGM.

Setiap jenis lomba akan ditentukan juara pertama hingga ketiga. Menurut Rayhan, ada hal baru dalam Setara tahun ini. Website Setara yang didisain khusus untuk kegiatan Setara berkelanjutan akan diluncurkan agar bermanfaat sebagai sarana publikasi, dokumentasi, media partner dan sponsor.

Dalam kegiatan Setara juga terdapat kegiatan lainnya yaitu Bulungan Run dan Al-Fatih. Bulungan Run memiliki Tema Virtual X Charity Run 2021 yang merupakan kompetisi lari yang akan dilaksanakan peserta di rumah masing-masing. Perhitungan jaraknya akan dilakukan menggunakan aplikasi lari yang telah disediakan dan diadakan juga lomba video contest dimana peserta membuat video kreatif.

Sedangkan Al-Fatih merupakan kegiatan kerohanian seperti lomba MTQ putra dan putri, lomba da’i dan daiyyah, lomba adzan, dan lomba kaligrafi. Pada gelaran tabligh akbar akan mengundang beberapa ulama ternama sebagai narasumber (talkshow) dan juri. "Tema yang dipilih untuk Kegiatan ini adalah Consciously Live Happily yang memiliki arti berkesadaran bahwa kita hidup dalam kebahagiaan, khusyuk, bersyukur dalam berkehidupan," kata Rayhan.

Kepala SMAN 70 Jakarta DR Ratna Budiarti MBiomed mendukung upaya kreatif siswa-siswinya dalam kegiatan nonakademik ini. Ia berharap, dari lomba ini akan lahir keterampilan, kemampuan dan potensi yang seimbang para siswa dan siswi antara prestasi akademik dan nonakademik. 

Ratna yakin, kegiatan ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi siswa-siswi mengingat penyelenggaraannya dilakukan secara virtual memanfaatkan aplikasi dan teknologi. “Memanage acara baru seperti ini gak gampang, karena itu akan memberikan pengalaman tersendiri bagi mereka,” ujar dia.

Sementara Lala Samiaji SE sebagai Komite Kesiswaan mengatakan komite sekolah mengapresiasi dan memotivasi setiap upaya kreatif anak-anak. Apalagi kegiatan ini terkait langsung dengan kegiatan akademik. “Kita tentu mendukung setiap upaya kreatif anak-anak,” jelas Lala.

Sedangkan Ketua Orang Tua Pendamping Ir Ida Helida Darnis MM menambahkan peran orang tua pendamping dalam penyelenggaraan kegiatan ini adalah melakukan pendampingan dalam mencari pendanaan dan sponsorship. Ini terkait dengan pihak ketiga dan internal sekolah.

Road Setara sudah dilaksanakan sejak 11 Agustus hingga 22 Agustus 2021 melalui media publikasi instagram dan media sosial lainnya. Adapun untuk Opening Setara tahun ini akan dihelat Sabtu (28/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement