Selasa 24 Aug 2021 04:45 WIB

Hadits Palsu Soal Keutamaan Surat Al Fatihah dan Ali Imran

Sebuah hadits yang dihukumi palsu tidak bisa dijadikan hujjah atau pijakan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Hadits Palsu Terkait Keutamaan Surat Al Fatihah dan Al Imran
Foto: MGROL100
Hadits Palsu Terkait Keutamaan Surat Al Fatihah dan Al Imran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat hadits maudhu (palsu) terkait perihal keutamaan membaca surat Al-Fatihah dan Ali Imran. Sebuah hadits, yang dihukumi lemah atau palsu, tidak bisa dijadikan hujjah atau dasar pijakan.

Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i karya Abu Ya'la Kurnaedi, Dari Abu Ayyub al-Anshari Radhiyallahu Anhu,

Baca Juga

لما نزلَتْ ( الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ) ، وآيةُ ( الكرسِيِّ ) ، و( شَهِدَ اللهُ ) ، وَقُلِ : ( اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ ) إلى ( بِغَيْرِ حِسَابٍ ) ، تعلَّقْنَ بالعرْشِ وقُلْنَ : أنزلْتَنا عَلَى قوْمٍ يعملونَ بمعاصيكَ ؟ فقال : وعزَّتِي وجلَالِي وارتفاعِ مَكانِي لَا يَتْلُوكُنَّ عبْدٌ دُبُرَكُلِّ صلاةٍ مكتوبَةٍ إلَّا غفرْتُ لَهُ مَا كانَ فيه وأسكنتُهُ جنَّةَ الفرْدَوْسِ ، ونظرتُ إليه كُلَّ يومٍ سبعينَ مرَّةً ، و قَضَيْتُ لَهُ سبعينَ حاجَةً ، َّأدناها المغفرَةُ

"Ketika turun Alhamdulillahi Rabbil 'alamin (surah Al-Fatihah), ayat Kursi, Syahidallah (Ali Imran ayat 18), Qulillahum ma malikal mulki (Ali Imran ayat 26), sampai pada firman-Nya: bighairi hisab (Ali Imran ayat 26), ayat-ayat tersebut bergantung pada Arsy seraya berkata: 'Apakah Engkau menurunkan kami pada suatu kaum yang berbuat maksiat kepada Engkau?' Dia (Allah) menjawab: 'Demi kemuliaan dan ketinggian kedudukanku, tidaklah ada seorang hamba membaca kalian (ayat-ayat tersebut) setiap akhir shalat wajib melainkan Aku mengampuni dia, dan akan Aku tempatkan dia di Surga Firdaus, dan Aku selalu melihatnya sekali setiap hari 70 kali, juga akan Aku tunaikan 70 hajat (kebutuhan)nya dan yang paling rendah adalah ampunan'".

Hadits ini dinilai palsu, lihat as-Silsilah adh-Dhaifah.

Sementara dalam surat Ali-Imran, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu

من قرأ السورة التي يذكر فيها آل عمران يوم الجمعة صلى الله عليه و ملائكته حتى تحجب الشمس

"Barangsiapa yang membaca surah yang disebut Ali Imran pada hari Jumat, maka Allah dan para Malaikatnya bershalawat untuknya sampai pada matahari terbenam".

Ini hadits maudhu, lihat as-Silsilah adh-dhaifah dan Dhaiful Jami.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement