Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Anies Dorong Regenarasi untuk Jaga Patriotisme Anak Muda

Sabtu 21 Aug 2021 18:12 WIB

Red: Bayu Hermawan

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan

Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta
Anies mengatakan gerakan Pramuka harus jadi penjaga munculnya pribadi cinta Tanah Air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendorong adanya regenerasi untuk menjaga dan mempertahankan semangat patriotisme di kalangan anak muda dalam memaknai Hari Pramuka ke-60.

"Gerakan Pramuka, khususnya Kwarda DKI Jakarta harus terus menjadi penjaga tradisi agar selalu muncul pribadi yang cinta Tanah Air," kata Anies Baswedan pada peringatan Hari Pramuka ke-60 di Jakarta, Sabtu (21/8).

Baca Juga

Selain itu, ia mendorong optimalisasi pembinaan pembinaan salah satunya, melalui Gerakan Pramuka yang diemban oleh Kwarda DKI Jakarta.Gubernur Anies juga mengingatkan kembali peran besar gerakan kepemudaan, khususnya di Jakarta, bagi perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. 

Gerakan kepemudaan merupakan cikal bakal dari kepanduan atau Gerakan Pramuka. Kwarda DKI Jakarta punya peran lebih besar dari Kwarda di tempat lain karena Jakarta menjadi tempat dimana peristiwa pembentukan negara terjadi.

"Itu terjadi tahun 1928, ada penempaan, pembinaan sehingga anak-anak muda menjadi cikal bakal menyatukan banyak suku bangsa menjadi Indonesia," katanya.

Apalagi tantangan di Ibu Kota akan lebih kompleks karena Gerakan Pramuka di wilayah urban berbeda dengan yang lain. Tak hanya itu, kondisi pandemi yang membuat peran dan kontribusi Gerakan Pramuka menjadi lebih besar dan dibutuhkan masyarakat.

"Kita berada di Ibu Kota, di mana tantangan menumbuhkan itu menjadi amat besar. Kita saksikan ada tantangan urban scouting. Kita harus pastikan anak-anak di Jakarta mendapat sentuhan menjaga tradisi perjuangan di tempat ini," katanya.

Sementara itu, peringatan Hari Pramuka di Balai Kota Jakarta juga dihadiri Wakil Gubernur Provinsi DKI JakartaAhmad Riza Patria, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka DKI Jakarta Fadjar Panjaitan dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA