Jumat 20 Aug 2021 07:56 WIB

Peringati 10 Muharram, Bupati Bogor Santuni 206 Anak Yatim

Ade bagikan bibit labu madu yang punya nilai ekonomis ke-44 RT di Kelurahan Tengah.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin usai meresmikan Jembatan Gerendong yang menghubungkan Kecamatan Rumpin dan Ciseeng di Kabupaten Bogor pada Kamis (13/8).
Foto: Rahayu Marini Hakim
Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin usai meresmikan Jembatan Gerendong yang menghubungkan Kecamatan Rumpin dan Ciseeng di Kabupaten Bogor pada Kamis (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin memberikan santunan kepada 206 anak yatim. Santunan itu diberikan dalam rangka  memperingati 10 Muharram 1443 Hijriyah di Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Kamis (19/8).

Santunan yang diberikan Ade, berupa buku tabungan, serta bingkisan sembako. Dia mengatakan, peringatan 10 Muharram, dapat dijadikan sebagai momentum dalam meningkatkan semangat gotong-royong dan kepedulian di tengah pandemi Covid-19.

"Karena pada saat zaman Rasulullah diperintahkan secara khusus bersedekah untuk anak-anak yatim atau menjamu anak-anak yatim. Di masa pandemi ini tentunya juga banyak anak-anak yatim atau anak-anak yang kehilangan orang tuanya,” ucapnya di Kabupaten Bogor, Kami.

Dia menuturkan, pada masa pandemi, tentunya perlindungan terhadap anak-anak harus semakin ditingkatkan. Khususnya, terhadap mereka yang sudah tidak memiliki orang tua karena meninggal dunia akibat sebagai salah satu dampak Covid-19.

"Di momen 10 Muharam sebagai upaya kepedulian kita selain bingkisan ada juga buku tabungan dari Bank BJB tujuannya untuk mengajak menabung di usia dini," tutur ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jabar tersebut.

Selain pembagian bantuan dan santunan, Ade juga memperingati 10 Muharram  dengan menanam dan memberikan bibit labu madu (butternut pumpkin) kepada seluruh 44 RT se-Kelurahan Tengah. Dia juga menyumbang pembangunan Pondok Pesantren Sabilul Hidayah, serta pelepasan bibit ikan.

Menurut Ade, pemilihan labu madu punya nilai ekonomis yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Juga, sambung dia, dapat digunakan untuk bayi sekaligus pendamping air susu ibu (ASI). Di Kelurahan Tengah terdapat Kelompok Wanita Tani yang giat menanam tanaman dengan memanfaatkan halaman dan pekarangan rumah.

"Pemanfaatan halaman saya kira penting disaat pendemi dari pada keluar jalan-jalan mending kita perbaiki lingkungan kita dengan menanam tanaman yang bermanfaat untuk kita. Kalau bibitnya boleh minta ke Dinas Ketahanan Pangan, jadi nanti boleh untuk mengakses ke sana," ucap Ade.

Lurah Tengah, Awan Sundawa mengaku bangga bisa memimpin Kelurahan Tengah, lantaran Bupati Bogor, Kapolres dan Dandim merupakan warga Kelurahan Tengah. Dia juga berterima kasih kepada Bupati Ade yang selalu mendukung kemajuan Pemerintah Kelurahan Tengah serta kesejahteraan masyarakat.

"Sekali lagi saya atas nama masyarakat Tengah menghaturkan terima kasih yang luar biasa kepada Ibu Bupati Bogor Ade Yasin, ini betul-betul keadaan yang luar biasa,” ucap Awan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement