Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Pesepak Bola Afghanistan Tewas Jatuh dari Pesawat AS

Jumat 20 Aug 2021 07:53 WIB

Red: Israr Itah

Warga Afghanistan di bandara Kabul (ilustrasi)

Warga Afghanistan di bandara Kabul (ilustrasi)

Foto: AP/Shekib Rahmani
Zaki Anwari berada dalam kerumunan orang yang menyelamatkan diri dari Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Salah satu pemain sepak bola tim nasional Afghanistan Zaki Anwari tewas akibat jatuh dari pesawat Amerika Serikat di bandara Kabul pada Senin lalu (16/8). Kabar itu disampaikan oleh Kantor Berita Afghanistan Ariana, Kamis (19/8).

Zaki Anwari berada dalam kerumunan orang yang berupaya menyelamatkan diri dari Afghanistan memadati bandara Kabul sejak kelompok Taliban mengambil alih kekuasaan pada Ahad (15/8). Banyak dari mereka yang terlihat mencoba menaiki pesawat saat akan lepas landas.

Baca Juga

Ariana menyebutkan, Zaki Anwari jatuh dari pesawat Boeing C-17 milik Angkatan Udara Amerika Serikat dan kematiannya dikonfirmasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Afghanistan. Dalam sebuah pernyataan di Facebook, Direktorat Jenderal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Afghanistan memberikan penghormatan kepada Anwari.

"Semoga dia beristirahat di surga dan berdoa kepada Tuhan untuk keluarga, teman, dan rekan olahraganya," kata badan olahraga itu. 

Kabar ini juga mengundang simpati di media sosial. "Kepergiannya adalah kesedihan yang luar biasa," tulis seorang pengguna di Instagram. 

Zaki Anwari masih berusia 19 tahun. Ia membela tim nasional muda Afghanistan.

BBC, mengutip media lokal, melaporkan setidaknya dua orang meninggal karena jatuh setelah pesawat take off. Tentara AS juga mengonfirmasi ada orang yang berada di roda pesawat saat tiba di Qatar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA