Saturday, 28 Safar 1444 / 24 September 2022

Prestasi Taliban Selama 5 Tahun Berkuasa di Afghanistan

Jumat 20 Aug 2021 05:45 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Meski banyak catatan merah HAM, Taliban juga torehkan prestasi. Orang-orang berbelanja di pasar di ibukota Afghanistan, Kabul pada 19 Agustus 2021.

Meski banyak catatan merah HAM, Taliban juga torehkan prestasi. Orang-orang berbelanja di pasar di ibukota Afghanistan, Kabul pada 19 Agustus 2021.

Foto: Kabul
Meski banyak catatan merah HAM, Taliban juga torehkan prestasi

REPUBLIKA.CO.ID, — Taliban kembali menguasai Afghanistan dengan jatuhnya ibu kota, Kabul sebagaimana dilaporkan, Senin (16/8).  Mereka juga telah menguasai istana kepresidenan, setelah presiden negara itu Ashraf Ghani melarikan diri.  

Taliban pernah berkuasa di Afghanistan selama 1996-2001. Dalam masa itu, Taliban memberlukan larangan dan perintah dengan sangat ketat. Akibatnya banyak terjadi pelanggaran HAM. Rezim Taliban pun menuai kritik internasional dan sanksi dari PBB atas pelanggaran HAM, pembatasan ketat atas peran wanita dalam kehidupan sosial. 

Baca Juga

Kendati demikian ada terlepas dari beberapa catatan merah HAM, prestasi Taliban juga tidak bisa dinafikan selama berkuasa di negeri para mullah itu.  

Sejak berkuasa pada 1996, Taliban telah mengukir prestasi besar dengan menerapkan hukum Islam dan memerangi KKN. Dua hal ini di masa sebelumnya sangat memprihatinkan dan menjadi penyakit akut di Afghanistan. Selain itu, Taliban berhasil menciptakan stabilitas kawasan dan memerangi demoralisasi.

Di bidang ekonomi, belum menampakkan hasil maksimal, sehingga income per-kapita penduduk masih berkisar 100-150 dollar Amerika Seerika. Dalam sistem administrasi, Taliban tidak menerapkan sistem modern. Namun begitu, Taliban terus menjalin hubungan baik dengan kelompok oposisi guna kepentingan stabilitas yang lebih kokoh.

Baca juga : Polisi Buru Pembuat Mural, Warganet Bawa-Bawa Status Wanda  

 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA