Kamis 19 Aug 2021 21:31 WIB

Wow, Ternyata Beli Mobil CBU Jepang Ini Harus Diundi

GR Yaris sudah dapat dimiliki November mendatang dan dipasarkan seharga Rp 850 juta.

Toyota GR Yaris yang dibanrol Rp 850 juta on the road Jakarta
Foto: dok TAM
Toyota GR Yaris yang dibanrol Rp 850 juta on the road Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Setelah dinantikan cukup lama, para pecinta GR Yaris boleh berbesar hati. PT Toyota Astra Motor akan segera mendatangkan kendaraan completely built up (CBU) asal Jepang itu ke Tanah Air Sekitar November mendatang. Namun, dari surat perintah kerja (SPK) yang mencapai 600 SPK, ternyata hanya sekitar 100 SPK saja yang akan dipenuhi. 

"Demand jauh lebih tinggi dari persediaan yang ada, jadi besok Jumat akan kita undi," kata Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director PT TAM, Kamis (18/8). Menurutnya, Indonesia hanya mendapat kuota 100 unit GR Yaris dari Toyota Jepang. Mereka yang berhasil mendapatkan nomor undian akan segera diproses karena terkait dengan produksi, pemilihan warna hingga pengujian yang memakan waktu. Diharapkan November mendatang sedan yang dibanrol Rp 850 juta on the road Jakarta itu sudah bisa dikirim ke konsumen.

Anton juga belum dapat memastikan apakah di waktu mendatang akan ada penambahan kuota bagi GR Yaris yang baru. Namun, pihak Toyota Jepang sejauh ini telah menetapkan jumlah produksi hingga 25.000 unit saja dan belum ada kabar untuk penambahan unit baru. Mengenai kemungkinan adanya spekulan yang hendak menjual GR Yaris ke pasaran dengan harga yang lebih tinggi, pihaknya menyayangkan hal tersebut apabila terjadi. "Kami melakukan praktek jual putus ke diler dan konsumen, kami menyayangkan hal itu apabila terjadi, tapi setahu saya mereka yang membeli adalah konsumen pemakai,"katanya. 

GR Yaris dibekali dengan mesin berkapasitas 1.600 cc 3 silinder turbocharger berkode G16E-GTS dan dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (full time 4WD) berkode “GR-FOUR” transmisi manual. Hal ini dibutuhkan guna mendukung sensasi berkendara yang menyenangkan di segala situasi dan dapat menyesuaikan dengan berbagai macam gaya berkendara pengemudinya.

Saat ini pihak TAM akan terus mengembangkan brand Toyota Gazoo Racing (GR) sebagai pilihan bagi konsumen yang gemar akan tampilan sporty.  melalui brand baru ini TAM juga ingin memastikan pelanggan dapat merasakan sensasi berkendara menyenangkan dari DNA motorsport Toyota Gazoo Racing yang sudah diterjemahkan untuk pelanggan pada line-up produk Gazoo Racing (GR) di Indonesia.

Hadirnya produk Toyota yang dilengkapi GR tidak terlepas terus berkembangnya pasar kendaraan bergaya sport dalam 10 tahun terakhir. Apabila sebelumnya selera sporty hanya pada produk tertentu, kini telah meluas ke segmen SUV atau MPV. Bahkan kini kaum wanita juga termasuk mereka yang gemar dengan tampila sporty. "Sporty stylish menjadi tren masa kini, kami tidak hanya menyeduakan produk komponen saja, tapi juga sesoris dan merchandise," kata Anton.

Selain itu hadirnya produk GR juga mengambil dari filosofi produk motor sport. Teknologi yang dibutuhkan pada kendaraan yang digunakan untik ajang balap atau rally bisa diterapkan pada kendaraan yang dijual ke pasar. Seperti daya tahan mesin yang digunakan saat melaju di medan ekstrem, tahan panas dan ujian berat lainnya.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement