Kamis 19 Aug 2021 11:46 WIB

Usai Taliban Kuasa, Perempuan Herat Sudah Kembali Sekolah

Gadis Afghanistan kembali ke sekolah di Herat setelah pengambilalihan Taliban

Perempuan Afghanistan tengah belajar. Ketika di masa kekuasaan pertama Taliban pada 20 tahun silam mereka dilarang bersekolah.
Foto: Al Jazeera
Perempuan Afghanistan tengah belajar. Ketika di masa kekuasaan pertama Taliban pada 20 tahun silam mereka dilarang bersekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, Gadis-gadis yang mengenakan jilbab putih dan tunik hitam mengalir ke ruang kelas di kota Herat, Afghanistan barat, hanya beberapa hari setelah pengambilalihan Taliban.

Saat sekolah membuka pintunya, para siswa bergegas menyusuri koridor dan mengobrol di halama. Mereka  tampaknya tidak menyadari gejolak yang melanda negara itu dalam dua minggu terakhir. Adegan ini -- yang banyak dikhawatirkan akan dilarang di bawah Taliban -- difilmkan oleh juru kamera AFP minggu ini, hanya beberapa hari setelah pejuang dari kelompok bersenjata merebut kota setelah runtuhnya pasukan pemerintah dan milisi lokal.

“Kami ingin maju seperti negara lain,” kata mahasiswa Roqia. “Dan kami berharap Taliban akan menjaga keamanan. Kami tidak menginginkan perang, kami menginginkan perdamaian di negara kami,'' katanya.

Seperti dilansir AL Jazeera.com,  Posisi Herat yang dekatan dengan perbatasan Iran, kota ini merupakan Jalur Sutra kuno. Herat ini telah lama menjadi pengecualian bagi kota kosmopolitan untuk pusat-pusat yang lebih konservatif. Di sana perempuan dan anak perempuan berjalan lebih bebas di jalanan, menghadiri sekolah dan perguruan tinggi dalam jumlah besar di kota yang terkenal dengan puisi dan seninya.

 

Namun, masa depan jangka panjangnya tetap tidak pasti. Di bawah interpretasi garis keras hukum Islam yang diberlakukan Taliban ketika mereka menguasai Afghanistan pada 1990-an, perempuan dan anak perempuan sebagian besar tidak mendapat pendidikan dan pekerjaan. Penutup wajah penuh menjadi wajib di depan umum, dan wanita tidak bisa meninggalkan rumah tanpa pendamping pria.

photo
Keterangan foto: Para siswi sekolah menghadiri kelas di Herat setelah pengambilalihan negara oleh Taliban

Apa yang ada di depan?

Selama pemerintahan terakhir Taliban, cambuk dan eksekusi publik, termasuk rajam karena tuduhan perzinahan, dilakukan di alun-alun kota dan stadion.

Apa yang ada dan akan terjadi di depan bagi perempuan dengan Taliban kembali berkuasa masih belum jelas.

Di depan umum, memag Taliban kini berusaha untuk mendorong narasi bahwa mereka telah memoderasi beberapa posisi mereka yang lebih ekstrem. Ii sudah dikatakan  juru bicara mereka Selasa malam lalu kala mengumumkan pengampunan resmi untuk "semua orang" yang terlibat dalam perang.

Selama konferensi pers resmi pertama kelompok itu di Kabul sejak merebut kembali kekuasaan, Zabihullah Mujahid mengatakan Taliban “berkomitmen untuk membiarkan perempuan bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip Islam”.

Ditanya apa perbedaan antara gerakan yang digulingkan 20 tahun yang lalu dan Taliban hari ini, dia berkata: “Jika pertanyaannya didasarkan pada ideologi dan keyakinan, tidak ada perbedaan … tetapi jika kita menghitungnya berdasarkan pengalaman, kedewasaan, dan wawasan , tidak diragukan lagi ada banyak perbedaan.Langkah-langkah hari ini akan berbeda secara positif dari langkah-langkah sebelumnya,” tambahnya.

Namun, orang-orang telah memasuki kehidupan publik dengan hati-hati, dengan sebagian besar wanita tidak hadir di jalan-jalan Kabul dan pria menukar pakaian Barat mereka dengan pakaian tradisional Afghanistan. Masih ada banyak kekhawatiran secara global tentang catatan hak asasi manusia Taliban yang brutal - dan puluhan ribu warga Afghanistan masih berusaha melarikan diri dari negara itu ketika kelompok itu berkuasa.

Setelah beberapa hari memimpin, masih belum jelas apakah ada kebijakan pendidikan resmi atau apakah pembicaraan dengan sekolah telah diadakan. Namun, selama wawancara dengan Inggris Sky News minggu ini, juru bicara Taliban lainnya, Suhail Shaheen, menawarkan jaminan. Perempuan “bisa mengenyam pendidikan dari SD hingga perguruan tinggi – itu artinya universitas”, katanya.

"Ribuan sekolah di daerah yang direbut oleh Taliban masih beroperasi," tambahnya. Di Herat, kepala sekolah Basira Basiratkha mengungkapkan optimisme hati-hati, mengatakan dia “bersyukur kepada Tuhan” bahwa sekolah mereka telah dapat dibuka kembali.

“Siswa-siswa kami yang terkasih menghadiri kelas mereka dalam jumlah besar sambil berpegang pada jilbab Islami,” katanya. “Ujian terus berlanjut.”

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement