Selasa 17 Aug 2021 16:27 WIB

PBNU Berharap Indonesia Semakin Dewasa dan Makmur

PBNU berharap Indonesia semakin dewasa, maju dan makmur.

Ketua PBNU Bidang Dakwah dan Masjid Abdul Manan A Ghani
Foto: Republika / Darmawan
Ketua PBNU Bidang Dakwah dan Masjid Abdul Manan A Ghani

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Rakyat Indonesia merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-76. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Abdul Manan Ghani, menitip harapan agar Indonesia semakin dewasa, maju dan makmur.

"Hari ini, Selasa 17 Agustus 2021, sudah 76 tahun kita merdeka, atas Rahmat Allah yang Maha kuasa. Kita berharap bangsa Indonesia makin dewasa dan maju dan makmur," kata Kiai Abdul Manan Ghani saat dihubungi Republika, Selasa (17/8).

Peringatan kemerdekaan kali ini disebut bertepatan dengan umat Muslim yang juga memperingati tahun baru Islam 1443 Hijriyah. Hal ini terhitung dari hijrahnya Nabi dari Makkah ke Yatsrib.

Ketika perjalanan ini sampai di tepi kota Madinah, kiranya 5 km lagi ke kota Yatsrib, Nabi membangun masjid yang dinamai masjid Quba. Masjid ini dibangun atas dasar ketaqwaan kepada Allah SWT.

Nabi kemudian menyelesaikan perjalanannya hingga ke kota Yatsrib, kemudian membangun Masjid Nabawi. Dari masjid itulah Nabi membangun Yatsrib dan diubah namanya menjadi Madinah, yang artinya peradaban.

"Dari masjid, Nabi membangun peradaban. Maka dari masjid yang dibangun atas landasan takwa, Nabi membangun peradaban," lanjutnya.

Sebagai bangsa Indonesia dengan mayoritas penduduk Muslim di dunia, Kiai Abdul Manan Ghabi menyebut jika semuanya belajar ngaji dari Rasulullah SAW, maka Indonesia bisa membangun peradaban dari nilai-bilai takwa.

Selanjutnya ia menitipkan harapan bagi Bangsa Indonesia yang berusia 76 tahun merdeka, semoga dapat membangun negeri yang dicintai dengan baik, dengan persatuan dan kesadaran akan Rahmat Allah SWT.

Allah SWT memerintahkan manusia untuk memakmurkan bumi-Nya. Seperti yang tertulis dalam QS Hud ayat 61, "Dia yang ciptakan kamu dari bumi dan perintahkan kamu untuk memakmurkannya".

Berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang lebih dari satu tahun melanda Tanah Air, ia mengajak seluruh masyarakat untuk memperbanyak dzikir dan berdoa. Virus Covid-19 adalah hal ghoib, yang harus dilawan dengan berserah diri kepada Allah SWT, dengan tetap ikhtiar mentaati protokol kesehatan.

Ia pun berharap semoga pandemi ini bisa segera dan cepat teratasi dan Bangsa Indonesia terbebas dari virus tersebut, sehingga kita hidup normal kembali membangun bangsa dengan baik.

"Ya Allah, jadikanlah Indonesia negeri yang aman dan damai, penduduknya beriman dan berupaya sungguh-sungguh untuk memakmurkannya. Dari rumah-Nya kita makmurkan bumi-Nya," ucap Kiai Abdul Manan Ghani. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement