Sabtu 14 Aug 2021 20:04 WIB

CropLife Indonesia Donasikan Tabung dan Oksigen

Tabung oksigen sempat mengalami kelangkaan.

CropLife Indonesia Donasikan Tabung dan Oksigen
Foto: Dok Republika
CropLife Indonesia Donasikan Tabung dan Oksigen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia sejak tahun lalu (2020) nyatanya belum usai. Indonesia saat ini tengah menghadapi pandemi gelombang kedua dengan masuk dan berkembangnya mutasi virus corona yang penyebarannya lebih cepat dari virus sebelumnya. 

Berdasarkan data KPCPEN (Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional), sejak akhir Juni 2021 pasien Covid-19 terus meningkat tajam terutama di DKI Jakarta dan Pulau Jawa. Varian virus baru sering menyebabkan penderita mengalami sesak nafas sehingga sangat diperlukan bantuan oksigen bagi pasien. Hal ini memberikan dampak berupa meningkatnya kebutuhan terhadap alat medis, terutama ketersediaan jumlah tabung oksigen.

Baca Juga

Kelangkaan tabung oksigen dan sulitnya melakukan pengisian oksigen telah menjadi isu penting sejak awal Juli 2021, tentunya hal ini patut menjadi perhatian bersama.

Melihat situasi terkini akan kebutuhan oksigen yang tinggi, serta sebagai bentuk kepedulian  CropLife Indonesia bersama-sama dengan anggota perusahannya (BASF, Bayer, Corteva, FMC, Nufarm dan Syngenta) mendukung upaya pemerintah mengatasi masalah tersebut. CropLife Indonesia dan beberapa kementerian teknis terkait  (Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian dan Kementerian Lingkungan Hidup) bersinergi dalam upaya mendukung ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19, yakni dengan melakukan program Donasi untuk Saudara Sebangsa.

Donasi diberikan berupa 150 unit diserahkan secara simbolis oleh Agung Kurniawan selaku Direktur Eksekutif CropLife Indonesia kepada Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc. selaku Direktur Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (13/8).

Mewakili Kementerian Kesehatan, Eka Jusup Singka menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada CropLife Indonesia atas kepeduliannya dalam membantu pemerintah mengatasi masalah kekurangan tabung oksigen medis akibat pandemi.  

"Donasi tabung secara fisik telah diterima pihak Kemenkes pada tanggal 21 Juli 2021 dan telah didistribusikan ke berbagai daerah yang membutuhkan. Bantuan seperti ini sangatlah membantu para pasien Covid-19 yang sangat membutuhkan bantuan oksigen," ujar Eka.

Sementara, Direktur Eksekutif Agung Kurniawan mengatakan, CropLife Indonesia memang tidak bergerak di bidang Kesehatan. Namun CropLife Indonesia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pentingnya menjaga kesehatan, keamanan penggunaan dan keselamatan, hal tersebut terefleksi melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh CropLife Indonesia dan seluruh anggota perusahaannya.  

"Secara berkesinambungan CropLife selalu memberikan edukasi kepada petani, termasuk petani di Brebes, agar memakai APD (Alat Pelindung Diri) yang benar saat melakukan aplikasi produk perlindungan tanaman termasuk membangun kesadaran bagi para petani agar selalu mencuci tangan dan membersihkan diri setelah selesai melakukan aplikasi perlindungan tanaman," kata Agung. 

Donasi untuk Saudara Sebangsa ini juga terealisasi atas dukungan serta respon cepat dan tanggap dari beberapa pihak. Di antaranya yaitu, Mercy Corps dan beberapa distrubutor dalam penyediaan Tabung Oksigen yang ada (Samator, Lindee, Aneka Gas, PT. SUG, PT. SSB, PT. DAM dan ARC. Yayasan Pelayanan Masyarakat Indonesia).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement