Jumat 13 Aug 2021 19:32 WIB

Colatta Dukung Eksistensi Brand Lokal di Tengah Pandemi

Program ini akan melibatkan sejumlah influencer untuk promosi produk unggulan UMKM.

Salah satu olahan cokelat Colatta
Foto: Istimewa
Salah satu olahan cokelat Colatta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pandemi Covid-19 membawa dampak besar bagi dunia, termasuk pada sektor industri makanan di Indonesia.  Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai komponen penting dalam perekonomian nasional juga tidak terlepas dari kesulitan selama pandemi.

Menyikapi hal tersebut, PT Gandum Mas Kencana (GMK) sebagai produsen cokelat Colatta  meluncurkan program #JualanLokal. Di tengah usaha pemerintah mengatasi penularan Covid-19 di Indonesia, program #JualanLokal ini merupakan komitmen Colatta untuk tetap berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi.

"Peran UMKM terbukti sangat besar bagi perekonomian nasional. Dengan kondisi turunnya daya beli masyarakat dan terbatasnya aktivitas karena PPKM tentu sangat berdampak terhadap kondisi penjualan para UMKM. Colatta berupaya untuk menstimulus penjualan melalui support promo dan pemanfaatan media online untuk mengedukasi kustomer agar mereka tertarik untuk membeli produk unggulan para UMKM," ungkap Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana, Sri Utami, dalam siaran pers, Jumat (13/8).

#JualanLokal merupakan program dengan format saling dukung dan kolaborasi promo antara Colatta dan UMKM dengan menitikberatkan pada kreativitas dan kebanggaan terhadap buatan lokal. Dalam kolaborasi ini Colatta membantu meningkatkan eksposur terhadap brand-brand lokal produk UMKM melalui promosi di sosial media Colatta. Program ini juga akan melibatkan sejumlah influencer untuk turut mempromosikan good value dari produk unggulan UMKM tersebut. 

Dengan membawa kebanggaan sebagai produk lokal, Colatta yang memiliki segmen market domestik dan ekspor ini berupaya membangkitkan semangat para penggiat UMKM dengan memberi dukungan penuh dalam upaya mengembangkan bisnis makanan di Indonesia di tengah gempuran second wave Covid-19. Sebagai produk buatan Indonesia, melalui program ini Colatta merasa perlu agar UMKM produsen makanan juga merasa bangga terhadap produk lokal mereka.

Rangkaian program lokal support lokal yang telah dimulai dari bulan Agustus ini akan diadakan secara berkelanjutan dalam berbagai aktivitas #JualanLokal yang dibungkus dalam sebuah event secara daring di media sosial

“Bertepatan dengan hari UMKM Nasional yang telah berlangsung pada 12 Agustus lalu, Colatta fully support memberikan dukungannya dengan berkolaborasi dan bekerja sama dengan brand lokal lainnya. Local support local adalah salah satu tujuan kami agar ekosistem bisnis dapat tumbuh bersama dalam situasi pandemi seperti saat ini,” papar Sri Utami yang akrab disapa Uut ini.

Colatta memberikan kesempatan besar kepada para UMKM terpilih untuk bergabung dan berkolaborasi bersama menciptakan kreasi dan inovasi seputar makanan yang unik. Kuncinya adalah di kreativitas. Harapan dari program ini adalah membangkitkan kebanggaan dan percaya dirinya produk lokal, sekaligus mendorong konsumen untuk membeli produk lokal. Sehingga ekonomi Indonesia dapat segera bangkit.

“Kami percaya kolaborasi ini bisa menjadi salah satu hal yang positif bagi perkembangan brand lokal. Salah satu cara meringankan beban adalah saling membantu. Pandemi tidak bisa kita hindari, pada akhirnya yang bisa kita lakukan adalah saling mendukung, stay healthy and happy," kata Uut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement