Jumat 13 Aug 2021 18:56 WIB

5 Cara Muslim untuk Bisa Mencintai Alquran

Alquran adalah kitab suci yang diturunkan untuk umat manusia

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran adalah kitab suci yang diturunkan untuk umat manusia. Alquran (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Alquran adalah kitab suci yang diturunkan untuk umat manusia. Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, – Ada beberapa cara bagi setiap Muslim agar bisa mencintai Alquran. Jika hati ini telah mencintai sesuatu, tentu kita akan melekat padanya, rindu dan tak ingin terputus darinya serta tercapailah pemahaman dan perenungan yang mendalam.

Langkah pertama, yaitu memahami bahwa kecintaan terhadap Alquran adalah salah satu alasan untuk memperoleh tingkat perenungan yang paling tinggi dan kuat. Abu Ubaid berkata: 

Baca Juga

لا يسأل عبدٌ عن نفسه إلاَّ بالقرآن؛ فإن كان يحبُّ القُرآن فإنَّه يحب الله ورسوله "Seorang hamba tidak ditanya kelak kecuali dengan Alquran. Dan jika dia mencintai Alquran maka dia mencintai Allah dan Rasul-Nya."

Kedua, hilangkan rasa cemas dan khawatir dengan membaca Alquran. Membacanya adalah solusi terbaik sebagai jalan keselamatan dan terhindar dari kesulitan.

Dalam hadits riwayat Abdullah bin Masud, Rasulullah SAW mengajarkan doa, yang isinya bahwa jika doa tersebut dibaca akan dihilangkan semua kesedihan dan kesusahannya.  

اللهم إني عبدك، ابن عبدك، ابن أمَتِك، ناصيتي بيدك، ماضٍ فِيَّ حُكمُك، عدلٌ فِيَّ قَضاؤك، أسألك بكلِّ اسمٍ هو لك، سمَّيتَ به نفسك، أو أنزَلتَه في كتابك، أو علمته أحدًا من خلقك، أو استَأثَرت به في عِلم الغَيْب عندك، أنْ تجعل القرآن العظيم ربيع قلبي، ونور صَدرِي وجلاء حزني، وذهاب همي - إلا أذهَبَ الله همَّه، وأبدَلَه مكان حزنه فرحًا

“Ya Allah, sesungguhnya saya adalah hamba-Mu, putra hamba laki-laki-Mu, putra hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di Tangan-Mu, telah berlalu padaku hukum-Mu, adil ketentuan-Mu untukku.

Saya meminta kepada-Mu dengan seluruh Nama yang Engkau miliki, yang Engkau menamakannya untuk Diri-Mu atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhluk-Mu atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu atau yang Engkau simpan dalam ilmu ghaib yang ada di sisi-Mu.

Jadikanlah Alquran sebagai musim semi (penyejuk) hatiku dan cahaya dadaku, pengusir kesedihanku serta penghilang kegundahanku.”Maka akan Allah hilangkan kegundahan dan kesedihannya dan akan diganti dengan diberikan jalan keluar dan kegembiraan.”    

Ketiga, ketahuilah bahwa Alquran adalah jalan untuk menerangi hati yang gelap gulita, dan menjadikan seorang hamba bahagia dan tenang. Bila seorang hamba ingin merasakan kenikmatan ketika berdiri di hadapan Allah dalam sholat, termasuk ketika misalnya melakukan berbagai aktivitas kehidupan, maka solusinya adalah Alquran.  

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِنْ أَمْرِنَا ۚ مَا كُنْتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ وَلَٰكِنْ جَعَلْنَاهُ نُورًا نَهْدِي بِهِ مَنْ نَشَاءُ مِنْ عِبَادِنَا ۚ وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

"Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) ruh (Alquran) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah Kitab (Alquran) dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Aquran itu cahaya, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sungguh, engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus." (QS Asy Syura 52)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement