Rumah Warga Digeledah, Diduga Terkait Teroris

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Muhammad Fakhruddin

Rumah Warga Digeledah, Diduga Terkait Teroris (ilustrasi).
Rumah Warga Digeledah, Diduga Terkait Teroris (ilustrasi). | Foto: vibizdaily.com

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Jalan masuk Gang IV Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas, sejak Jumat (13/8) dijaga beberapa petugas polisi bersenjata lengkap. Petugas polisi tersebut tidak bermaksud melakukan penyekatan jalan terkait Covid 19. Namun karena salah satu rumah di sepanjang gang tersebut, sedang dilakukan penggeledahan oleh petugas Densus 88.

Rumah yang digeledah, diketahui merupakan rumah yang ditinggali keluarga berinisial Y. Tomi, salah seorang tetangga Y menyebutkan, penutupan ruas gang dilakukan sejak pukul 10.00. ''Saat itu, tiba-tiba datang cukup banyak polisi. Saya yang sedang berada di luar rumah, disuruh masuk rumah. Sedangkan jalan masuk gang, dijaga polisi,'' jelasnya.

Dia menyebutkan, polisi kemudian memasuki rumah Y yang merupakan rumah berlantai II. ''Y itu memang tetangga saya, ayah dari dua anak dan seorang isteri. Tapi saya tidak tahu pekerjaan apa,'' jelasnya.

Ketua RT 02 RW 7 Sudiarso, yang diminta polisi menyaksikan jalannya penggeledahan, mengaku dia memang diminta polisi untuk menyaksikan kegiatan penggeledahan yang dilakukan petugas.''Di rumah Y, polisi sempat terlihat menanyai istri Y. Tapi apa yang ditanyakan saya tidak tahu. Saya hanya melihat saja,'' katanya.

Mengenai barang-barang yang digeledah dan dibawa petugas, Sudiarso juga mengaku tidak tahu persis barang apa saja yang dibawa. Namun dia melihat ada barang seperti laptop yang dibawa petugas.

Dia juga menyebutkan, saat penggeledahan itu tidak terlihat Y yang menjadi kepala keluarga tetangganya tersebut. ''Saya tidak tahu Y ada dimana. Mungkin sudah diamankan lebih dulu,'' katanya.

Kapolresta Banyumas Kombes M Firman L Hakim mengatakan, dalam kegiatan yang dilakukan petugas Densus 88 tersebut, petugas Polres hanya melakukan pengamanan di lokasi penggeledahan. ''Teknis kejadiannya bagaimana saya tidak tahu. Setahu saya, petugas Densus hanya melakukan penggeledahan, dan petugas dari Polres hanya mengamankan,'' katanya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Mengapa Teroris Harus Identik dengan Islam?

Kuasai Ibukota Zaranj, Taliban Bunuh Jubir Pemerintah

24 Anggota Ikhwanul Muslimin Mesir Dijatuhi Hukuman Mati

Buru Ali Kalora Cs, Operasi Madago Raya 2021 Diperpanjang

Densus 88 Pindahkan 58 Tersangka Teroris Makassar ke Jakarta

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark