Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Kolaborasi dan Sinergi Kunci Suksesnya Program Vaksinasi

Kamis 12 Aug 2021 21:55 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Kerja sama pemerintah dan swasta termasuk ormas penting sukseskan vaksinasi. Ilustrasi vaksinasi

Kerja sama pemerintah dan swasta termasuk ormas penting sukseskan vaksinasi. Ilustrasi vaksinasi

Foto: Prayogi/Republika.
Kerja sama pemerintah dan swasta termasuk ormas penting sukseskan vaksinasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Kolaborasi atau kemitraan antara Pemerintah pusat, BUMN, ormas, swasta, budayawan, pakar pendidikan, dan semua elemen lainnya penting agar upaya program vaksinasi sukses. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dr  Widyastuti MKM, melalui webinar Satgas Covid-19 Seri II, Kamis (12/8). .   

Baca Juga

Widya mengatakan, Jakarta pernah mencapai 14 ribu per hari yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Karena itu, saat ini perlu penguatan kembali 6 M memakai masker, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjaga pola makan sehat dan istirahat cukup, menjauhi kerumunan. "Semua segenap sektor diperlukan bekerja sama, tidak bisa Pemprov sendiri," kata dia. 

Dia  juga menyampaikan apresiasi atas peran aktif Lembaga Dakwah Islam Indonesia yg memberikan vaksin untuk masyarakat khususnya warga DKI Jakarta. 

"Lembaga Dakwah Islam Indonesia telah mengambil peran untuk bersama-sama menuju kekebalan kelompok. Hari ini Lembaga Dakwah Islam Indonesia juga membuka webinar yg tentunya sangat positif, karena angkat tema penanganan Covid-19 dari perspektif ormas dan puskesmas," kata Widya. 

Menurutnya, pada tingkat kecamatan, kelurahan, ormas memegang peranan penting karena dinilai lebih memahami budaya serta kebiasaan warga sekitarnya. "Semoga warga lebih paham untuk menyikapi Covid-19. Sebab dari hasil survei kami, masih ditemukan pemahaman warga untuk vaksin dan Covid-19 yang tidak benar," kata Widya. 

Sementara itu, Ketua DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia DKI Jakarta, Teddy Suratmadji, mengatakan dengan adanya webinar ini diharapkan dapat memberikan pencerahan serta informasi lebih baik sehingga penanganan Covid-19 berjalan dengan sebaik-baiknya. 

"Hampir tiap hari sholat ghaib (sholat jenazah, red), tidak tau sampai kapan. Namun yang bisa kita lakukan adalah bertahan dan berusaha (dengan vaksinasi)," ujar Teddy berpesan.  

Kepala BAKESBANGPOL DKI Jakarta, Taufan Bakri, yang hadir dalam webinar itu juga ikut mengapresiasi kontribusi Lembaga Dakwah Islam Indonesia dalam penanganan Covid-19 terutama kolaborasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia dengan puskesmas untuk vaksinasi. 

Dia berharap program vaksinasi mendekati target 9 juta vaksin dari jumlah 8,2 juta atau 70 persen warga DKI saat ini yang sudah tervaksin. Senada dengan Widya, Taufan juga menegaskan bahwa kondisi ini harus didorong seluruh elemen masyarakat, terutama ormas yang paling dekat dengan warga. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA