Kamis 12 Aug 2021 18:35 WIB

Banjir Rob Terjang Warung-Warung di Selatan Tasikmalaya

Banjir rob terasa lebih besar lantaran abrasi pantai semakin parah.

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
Sisa-sisa sampah akibat banjir rob yang terjadi di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (12/8).
Foto: Dok Relawan Bencana Kecamatan Cipatujah.
Sisa-sisa sampah akibat banjir rob yang terjadi di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (12/8).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Banjir rob terjadi di wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Pantai Pesanggrahan, Kecamatan Cipatujah, pada Rabu (11/8) malam. Akibatnya, sejumlah warung di wilayah itu sempat terendam air.

Relawan bencana Kecamatan Cipatujah, Rahmat Saputra mengatakan, air pasang laut itu sempat merendam warung-warung yang berada sekitar 100 meter dari bibir pantai. Ketinggian air mencapai sekitar 10 sentimeter. "Air langsung kembali lagi. Tidak merendam lama," kata dia, Kamis (12/8).

Menurut dia, tak ada kerusakan akibat banjir rob tersebut. Hanya saja, air laut itu membawa sampah. Akibatnya, saat ini sampah-sampah berserakan di sekitar pantai.

"Naiknya air kemarin malam sekitar jam 9. Tadi pagi naik lagi. Tapi sekarang sudah aman," kata dia.

Rahmat mengatakan, banjir rob di wilayah Kecamatan Cipatujah memang rutin terjadi setiap setahun sekali. Namun, kali ini banjir rob terasa lebih besar lantaran abrasi pantai semakin parah. Sebab, tinggi pantai dan laut hampir sejajar.

Kapolsek Cipatujah, Iptu Rokhmadi mengatakan, saat ini bangunan warung semakin mendekat ke bibir pantai. Alhasil, saat terjadi pasang, air masuk ke bangunan warung. 

Menurut dia, warga di sekitar pantai mayoritas sudah paham dengan banjir rob yang biasa terjadi setiap tahunnya. Mereka rata-rata telah kembali ke rumahnya masing-masing saat kejadian.

"Mereka sudah paham, saat air pasang mereka pulang ke rumag. Yang kena itu warung-warung. Tidak ada korban materi dan korban jiwa," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement