Kamis 12 Aug 2021 14:15 WIB

Kebakaran Hutan Kalifornia Makin Merusak, Suhu Meningkat

Kebakaran hutan besar melanda Kalifornia Utara selama hampir sebulan

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Petugas pemadam kebakaran bekerja untuk menyelamatkan sebuah rumah ketika Dixie Fire merobek komunitas Indian Falls di Plumas County, California, pada Sabtu, 24 Juli 2021.
Foto: AP/Noah Berger/FR34727 AP
Petugas pemadam kebakaran bekerja untuk menyelamatkan sebuah rumah ketika Dixie Fire merobek komunitas Indian Falls di Plumas County, California, pada Sabtu, 24 Juli 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES - Kebakaran hutan besar yang melanda wilayah Kalifornia Utara selama hampir sebulan telah melalap 550 rumah lagi. Demikian kata pejabat dinas kebakaran setempat pada Rabu.

Peristiwa tersebut telah menjadi salah satu bencana paling menghancurkan dalam sejarah negara bagian Amerika Serikat itu. Api Dixie, yang muncul pada 14 Juli di Pegunungan Sierra Nevada sekitar 260 km timur laut dari Sacramento, adalah bencana terbesar kedua yang pernah terjadi di Kalifornia.

Baca Juga

Tim penyelamat baru bisa mengendalikan 30 persen kobaran api pada Rabu malam. Suhu diperkirakan akan melebihi 37,8 derajat Celcius dalam beberapa hari ke depan akibat cuaca bertekanan tinggi, yang disebut para peramal cuaca sebagai "kubah panas" yang membakar wilayah Pacific Northwest.

"Tekanan tinggi semakin menyelimuti peristiwa itu dan akan menjadi faktor dominan dan badai petir diprediksi akan muncul pekan ini," kata Departemen Kehutanan dan Perlindungan Hutan Kalifornia.

Badai petir bisa menyapu wilayah itu dengan "kilat kering" yang memantik lebih banyak api di sepanjang Kalifornia Utara di mana hutan dan semak telah mengering akibat kemarau bertahun-tahun. Api Dixie telah menghanguskan lahan seluas 202.342,8 hektare lebih, menjadikannya kebakaran hutan paling besar dan paling merusak di antara 11 bencana serupa yang pernah terjadi di Kalifornia.

Baca juga : Cincin Olimpiade di Tokyo Dilepas, Diganti Logo Paralimpiade

Hampir 10 ribu petugas berjibaku memadamkan kebakaran yang telah melukai dua petugas pemadam dan seorang warga itu. Kobaran api kini telah merusak lebih dari 1.000 rumah tinggal dan ratusan bangunan lain.

Api mengamuk di kota tambang bersejarah Greenville pekan lalu, membuat jalan utama di sana dipenuhi reruntuhan membara. Kalifornia biasanya mengalami puncak musim kebakaran hutan pada akhir tahun. Api Dixie akan menghanguskan lebih banyak lahan tahun ini dibandingkan musim kebakaran terburuk yang terakhir kali terjadi di negara bagian itu.

Lima kebakaran hutan terbesar dalam sejarah Kalifornia semuanya terjadi dalam tiga tahun terakhir, menghanguskan lebih dari satu juta hektare lahan dan menghancurkan 3.700 bangunan. Api Dixie memiliki ukuran terbesar kedua setelah August Complex tahun lalu yang berasal dari beberapa kebakaran kecil dan bergabung menjadi satu kebakaran besar.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement