Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Wix.com Pangkas Prospek Pertumbuhan karena Pandemi Covid-19

Kamis 12 Aug 2021 02:15 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Muhammad Fakhruddin

Wix.com Pangkas Prospek Pertumbuhan karena Pandemi Covid-19 (ilustrasi)

Wix.com Pangkas Prospek Pertumbuhan karena Pandemi Covid-19 (ilustrasi)

Foto: pixabay
Kekhawatiran lockdown baru yang dapat mengganggu aktivitas bisnis di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID,TEL AVIV -- Wix.com yang membantu usaha kecil membangun dan mengoperasikan situs web memperkirakan pertumbuhan yang solid tahun ini. Hanya saja, sedikit menurunkan prospek pendapatannya karena ketidakpastian yang lebih besar, untuk paruh kedua tahun 2021 terkait dengan pandemi Covid-19.

Tahun lalu, Wix yang berbasis di Israel memanfaatkan perpindahan ke penjualan online, tetapi varian Delta meningkatkan infeksi lagi meskipun ada vaksinasi massal. Hal itu menyebabkan kekhawatiran lockdown baru yang dapat mengganggu aktivitas bisnis di seluruh dunia.

Dilansir dari Reuters, perusahaan ini melaporkan pada Rabu kerugian bersih kuartalan sebesar 28 sen per saham tidak termasuk item khusus, dengan pendapatan naik 34 persen menjadi $316 juta. Wix melaporkan kerugian 26 sen setahun yang lalu.

Analis memperkirakan kerugian 38 sen dan pendapatan $312 juta, menurut Refinitiv. "Ada sejumlah besar ketidakpastian di antara pengguna kami," kata kepala keuangan, Lior Shemesh.  

Dia mengatakan, pemilik bisnis merasa “bingung" tentang apakah akan meningkatkan kehadiran online mereka. “Kami melihat lebih sedikit lalu lintas untuk online mulai pertengahan Mei,” lanjutnya.

Perusahaan yang terdaftar di Nasdaq, yang sahamnya telah meningkat sekitar 4 persen sejauh ini pada tahun 2021, memperkirakan pendapatan kuartal ketiga sebesar $311-$317 juta. Wix menurunkan prospek pendapatan setahun penuh menjadi $1,255- $1,27 miliar dari $1,28-$1,29 miliar, di bawah perkiraan analis $1,29 miliar, tetapi masih menargetkan pertumbuhan pendapatan mendekati 30 persen yang dicapai pada 2020.

“Kami masih melihat konversi yang sangat tinggi ke premium, retensi yang sangat kuat, dan kami masih melihat peningkatan ARPU (pendapatan rata-rata per pengguna),” kata Shemesh.

Dia menambahkan, rentang yang lebih luas mencerminkan ketidakpastian yang lebih besar tentang sisa tahun ini. “Sayangnya, kami pikir ini akan lebih tinggi dari itu.  Ketidakpastiannya cukup besar,” tuturnya.

Diperkirakan, Wix dapat mencapai kelas atas dengan lebih banyak pengguna baru dan konversi ke langganan. Sementara kelas bawah mencerminkan skenario dengan lebih sedikit penambahan pengguna baru, dan beberapa kemitraan yang direncanakan gagal untuk ditutup tahun ini.

Wix mengatakan, perusahaan percetakan dan pemasaran Vistaprint memilih Wix untuk membuat dan mengelola situs web dan produk terkaitnya. Walaupun itu tidak menawarkan rincian keuangan, tetapi Shemesh mengatakan kesepakatan itu akan menambah ratusan ribu langganan premium. Wix melaporkan 5,5 juta langganan premium pada akhir tahun 2020.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA