Bandung Kaji Vaksin On The Spot Bagi Pengunjung di Mal

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih

Warga menjalani swab test antigen di Altomed, Kelapa Gading, Jakarta, Ahad (8/8). Altomed memberikan pelanggan swabtest kartu Altomed+ yang menampilkan nama lengkap dan QR Code berisikan data Swabtest terakhir sekaligus Sertifikat Vaksin, Sehingga mempermudah dalam aktifitas sebagai syarat masuk pasar, mal, restoran, layanan transportasi umum dan lainnya dalam upaya mendukung program pemerintah  menghadapi pandemi Covid-19.Prayogi/Republika.
Warga menjalani swab test antigen di Altomed, Kelapa Gading, Jakarta, Ahad (8/8). Altomed memberikan pelanggan swabtest kartu Altomed+ yang menampilkan nama lengkap dan QR Code berisikan data Swabtest terakhir sekaligus Sertifikat Vaksin, Sehingga mempermudah dalam aktifitas sebagai syarat masuk pasar, mal, restoran, layanan transportasi umum dan lainnya dalam upaya mendukung program pemerintah menghadapi pandemi Covid-19.Prayogi/Republika. | Foto: Prayogi/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sedang melakukan kajian terkait rencana vaksinasi bagi pengunjung yang datang ke mal atau vaksin on the spot. Usulan tersebut muncul seiring rencana pengecekan sertifikat vaksin bagi pengunjung yang datang ke mal.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengaku berencana menyiapkan posko khusus vaksin di mal agar dapat melakukan vaksinasi bagi pengunjung yang belum divaksin. Pihaknya akan menguji coba kepada tiga mal terlebih dahulu.

Baca Juga

"Kita akan bekerja sama untuk menyediakan pos khusus di tiga mal untuk pengunjung yang belum divaksin, nanti divaksin di tempat," ujarnya, Selasa (10/8).

Ia mengatakan, vaksinasi di mal tidak hanya ditujukan kepada warga Kota Bandung namun untuk yang warga diluar Kota Bandung. "Mungkin uji coba paling banyak tiga mal dan paling sedikit dua mal," ungkapnya.

Elly mengatakan pihaknya juga sedang menyiapkan aturan tentang anak-anak dan lansia dilarang memasuki mal, kapasitas dan waktu operasional mal.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung salah satunya dengan vaksinasi on the spot kepada pengunjung. Kebijakan tersebut dilakukan menyusul keputusan pemerintah pusat tentang pengunjung yang datang ke mal harus membawa sertifikat vaksin.

"Selain pedagang sudah divaksin, pembeli pengunjung harus sudah divaksin. Kalau belum divaksin saya minta ke bu kadisdagin bicara ke asosiasi mal dibicarakan ruang untuk vaksin. Kalau ada pengunjung mal belum divaksin bisa dilakukan vaksin. Vaksin on the spot," katanya.

Yana mengatakan, diharapkan vaksin on the spot turut mempercepat program vaksinasi Covid-19. Ia pun memastikan ketersediaan dosis vaksin relatif mencukupi di Kota Bandung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Vaksinasi di DPR Diharapkan Terbuka untuk Masyarakat Umum

Pemkot Bogor Targetkan Vaksinasi Capai 50 Persen

Wagub DKI Harap Ada Penurunan Signifikan Situasi Pandemi

Antusias Tinggi, Vaksinasi Capai 50 juta orang

Siti Sarah Wafat Akibat Covid-19, Dokter Selamatkan Bayinya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image