Senin 09 Aug 2021 20:41 WIB

Menag Ajak Umat Islam Perkuat Semangat Hijrah

1 Muharram selalu mengingatkan umat Islam pada momen bersejarah hijrah Rasulullah.

Menag Yaqut Cholil Qoumas.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menag Yaqut Cholil Qoumas.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh umat Islam untuk memperkuat semangat hijrah dan gotong royong dalam memperingati Tahun Baru 1 Muharram 1442 Hijriah."Selamat tahun baru 1 Muharram 1443 H. Mari perkuat spirit hijrah dan semangat gotong royong dalam menghadapi pandemi COVID-19," ujar Menag Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (9/8).

Yaqut mengatakan 1 Muharram selalu mengingatkan umat Islam pada momen bersejarah hijrah Rasulullah dari Mekah ke Madinah. Semangat hijrah salah satunya adalah kemampuan melakukan perpindahan, perubahan, dan adaptasi dalam merespons situasi dan kondisi.

Baca Juga

Perpindahan, kata dia, bisa bermakna fisik, tapi juga bisa bermakna sikap. Dalam merespon pandemi, salah satu upaya hijrah adalah selalu menerapkan protokol kesehatan demi melindungi diri sendiri dan orang lain sebagai bagian penyesuaian diri.

"Pandemi memaksa kita melakukan penyesuaian dan perubahan menuju kenormalan baru. Salah satu spirit hijrah dalam konteks pandemi adalah terapkan prokes dan disiplin 5M," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement