Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

5 Tips Dampingi Anak Sekolah Daring

Senin 09 Aug 2021 17:42 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Pembelajaran jarak jauh yang masih berlanjut karena pandemi membuat orang tua memiliki tanggung jawab ekstra mendampingi anak belajar di rumah.

Pembelajaran jarak jauh yang masih berlanjut karena pandemi membuat orang tua memiliki tanggung jawab ekstra mendampingi anak belajar di rumah.

Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Sekolah daring masih diterapkan selama pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembelajaran jarak jauh yang masih berlanjut karena pandemi membuat orang tua memiliki tanggung jawab ekstra mendampingi anak belajar di rumah. Bagi sebagian ayah dan ibu, ini menjadi tantangan tersendiri.

Hal yang perlu diingat, gelar akademis dan tingkat pendidikan orang tua tidak selalu berpengaruh. Aspek yang dibutuhkan adalah benar-benar menyisihkan waktu untuk menemani buah hati belajar. Berikut lima kiat supaya optimal dalam pelaksanaannya, dikutip dari laman The Conversation, Senin (9/8).

Baca Juga

1. Mengenal guru

Orang tua sebaiknya mengenal guru yang mengajar anak dan membina hubungan positif. Jangan ragu bertanya tentang hal teknis soal platform belajar jarak jauh atau berkonsultasi mengenai kekhawatiran yang dirasakan.

2. Memahami teknologi

Bisa jadi anak-anak lebih memahami platform belajar berteknologi tinggi dibandingkan orang tua. Oleh karena itu, ayah dan ibu perlu lebih membuka mata terhadap cara menggunakan teknologi dan platform digital itu.

3. Tetap disiplin

Meski segalanya serbavirtual, pastikan anak tetap menyelesaikan pekerjaan rumah tepat waktu dan mengerjakan tugas sesuai jadwal. Kedisiplinan sangat penting, tetapi jangan lupa menyesuaikan dengan kemampuan anak.

4. Pengalaman nyata

Ajak anak mengetahui pengalaman nyata yang merupakan implementasi ilmu di sekolah. Sebagai contoh, pelajaran berhitung yang jadi pengetahuan penting dalam mengelola keuangan. Anak juga bisa diajari menerapkan itu, seperti mengatur uang saku dan mulai menabung.

5. Dorong membaca

Anak sebaiknya didorong untuk membaca setiap hari untuk meningkatkan literasi. Alokasikan setidaknya 30 menit sehari bagi anak untuk membaca. Agar bersemangat, biarkan anak memilih sendiri judul buku yang akan dibaca.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA