Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

4 Manfaat Sholat Khusyuk yang Diungkap Alquran dan Hadits

Ahad 08 Aug 2021 16:55 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Sholat khusyuk akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya. Sholat berjamaah (Ilustrasi)

Sholat khusyuk akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya. Sholat berjamaah (Ilustrasi)

Foto: REPUBLIKA
Sholat khusyuk akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya

REPUBLIKA.CO.ID, – Sholat khusyuk ialah senantiasa mengarahkan pikiran kepada sholat, sehingga tidak mengetahui orang yang di sebelah kanan dan sebelah kirinya. 

Hal ini menurut pendapat Al Jubair yang dikukip oleh Muhammad Yunus Ibn Abdillah Sattar.  

Baca Juga

Sholat khusyuk  memiliki banyak keutamaan. Dalam buku berjudul "Tematik Al-Qur’an tentang Fiqih dan Ibadah”, Abd Rahman Ghazaly setidaknya menjelaskan empat keutamaan sholat khusyuk. 

Pertama, orang yang sholat khusyuk dapat memperoleh kebahagiaan (keberuntungan) di dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman:  

قَدۡ اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙ الَّذِيۡنَ هُمۡ فِىۡ صَلَاتِهِمۡ خَاشِعُوۡنَ "Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk k dalam sholatnya." (QS Al Muminun ayat 1-2). 

Kedua, sholat khusyuk juga dapat memberi ketenangan dalam hati, dan tidak gelisah apabila mendapat musibah (cobaan) hidup. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

اِنَّ الْاِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوْعًاۙ اِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوْعًاۙ وَّاِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوْعًاۙ اِلَّا الْمُصَلِّيْنَۙ الَّذِيْنَ هُمْ عَلٰى صَلَاتِهِمْ دَاۤىِٕمُوْنَۖ

"Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Apabila dia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir, kecuali orang-orang yang melaksanakan salat, mereka yang tetap setia melaksanakan salatnya." (QS Al Ma'arij ayat 19-23). 

Ketiga, sholat khusyuk juga dapat menghapus dosa-dosa kecil, selama orang yang sholat itu tidak melakukan dosa besar, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

من صلى ركعتين لا يحدث فيهما نفسه، غفر له ما تقدم من ذنبه "Barang siapa sholat dua rakaat, di dalamnya dia tidak berbicara sedikit pun dengan hatinya tentang urusan-urusan keduniaan, niscaya diampuni dosa-dosanya yang lalu." (HR Ibn Abi Sya'ban).  Dalam hadits lain, Nabi juga bersabda: 

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ...مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ "Sholat-sholat fardhu menghapus dosa-dosa kecil yang dikerjakan di antara waktu-waktu itu, selama tidak ada dosa-dosa besar yang dikerjakannya." (HR Ahmad, Muslim, Tirmizi).

Keempat, sholat khusyuk juga dapat mencegah perbuatan keji dan munkar (dosa dan maksiat). Hal ini berdasarkan firman Allah SWT: 

اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ "Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar." (QS Al Ankabut ayat 45).   

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA