Friday, 18 Jumadil Akhir 1443 / 21 January 2022

Umat Islam Nigeria Diminta Pantau Bulan Baru Hari Ini

Ahad 08 Aug 2021 09:54 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Umat Islam Nigeria Diminta Pantau Bulan Baru Hari Ini

Umat Islam Nigeria Diminta Pantau Bulan Baru Hari Ini

Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Penampakan hilal Muharram akan mengantar tahun baru 1443 Hijriyah.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Sultan Sokoto dan Presiden Jenderal Nigeria Supreme Council for Islamic Affairs (NSCIA) Sa’ad Abubakar III telah mengarahkan umat Islam untuk memantau hilal Muharram 1443 Hijriyah pada Ahad (8/8).

Sultan mengeluarkan arahan pada Sabtu (7/8), dalam sebuah pernyataan yang ditandatangani oleh Ketua Komite Penasihat Urusan Agama Dewan Kesultanan Sokoto, Sambo Junaidu.

Baca Juga

"Dengan ini kami informasikan kepada umat Islam bahwa Ahad tanggal 8 Agustus yang bertepatan dengan hari ke 29 Dzulhijjah 1442 H adalah hari untuk menyambut hilal Muharram 1443 H," kata dia dilansir di Daily Nigerian, Ahad.

"Oleh karena itu, umat Islam diminta untuk mulai melihat hilal pada Ahad dan melaporkan penampakannya ke kepala daerah atau desa terdekat untuk selanjutnya dikomunikasikan kepada Sultan," ujarnya.

Di samping itu, Sultan juga berdoa kepada Allah Ta'ala untuk membantu umat Islam dalam melaksanakan tugas agama mereka. Kantor Berita Nigeria melaporkan penampakan hilal Muharram akan mengantar tahun baru 1443 H dalam Islam.

Adapun Muharram menjadi bulan pertama dalam kalender Islam. Ini adalah salah satu dari empat bulan suci yang disebutkan dalam Alquran, bersama dengan bulan ketujuh Rajab, dan bulan ke-11 dan ke-12 Dzulqadah dan Dzulhijjah, masing-masing sebelum Muharram. Selama bulan Muharram, peperangan dilarang dalam Islam dan umat Islam percaya pengabdian di bulan-bulan suci menarik banyak pahala dari Allah Ta'ala.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA