Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Hari Kucing Sedunia: Fakta Menarik Soal Kucing

Ahad 08 Aug 2021 09:28 WIB

Red: Ani Nursalikah

Hari Kucing Sedunia: Fakta Menarik Soal Kucing

Hari Kucing Sedunia: Fakta Menarik Soal Kucing

Foto: EPA
Kucing ternyata merupakan hewan dengan pemahaman emosi yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari kucing sedunia jatuh tepat pada hari ini 8 Agustus yang dirayakan di seluruh dunia. Perayaan ini diinisiasi oleh komunitas International Fund for Animal Welfare (IFAW) untuk memperingati persahabatan manusia dengan anak bulu berkaki empat itu.

Sudah dirayakan sejak 2002, artinya peringatan Hari Kucing Sedunia sudah dilakukan hampir 20 tahun lamanya. Selain menjadi salah satu hewan domestikasi paling banyak yang dipelihara di rumah, kucing memiliki fakta- fakta menarik yang masih perlu anda ketahui.

Baca Juga

Berikut beberapa fakta menariknya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tetap bisa kawin meski steril

Kucing yang sudah disteril atau dimandulkan ternyata masih tetap bisa menyalurkan birahinya dan melakukan kawin. Fakta ini ditemukan pada sebagian kucing yang sudah disteril namun tetap bisa melakukan kawin dengan lawan jenisnya.

Mengutip VCA Hospitals, meski 90 persen birahi kucing menyurut pasca menjalankan proses sterilisasi atau pemandulan tetap masih ditemukan kucing steril yang bisa melakukan kawin. Steril kucing merupakan salah satu kewajiban yang perlu ditunaikan oleh pemilik hewan peliharaan ini.

Selain menjaga kesehatan kucing, steril juga bisa menjaga kesejahteraannya. Dari segi kesehatan, kucing bisa terhindar dari penyakit-penyakit kronis, seperti kanker rahim pada betina atau kanker prostat pada jantan. Sementara dari kesejahteraan, pemilik membantu pemerintah dalam hal pengontrolan populasi sehingga kucing tidak melahirkan secara masif yang dikhawatirkan berujung pada penelantaran.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA