Jumat 06 Aug 2021 09:25 WIB

Aksi Boikot Nanas Taiwan Jadi Bumerang Bagi China

Sebelum adanya boikot, seluruh ekspor nanas Taiwan ditujukan ke China.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Hubungan Taiwan dan China memanas. Sejak lima bulan lalu China memberlakukan larangan impor nanas dari Taiwan.
Foto: AP/Reuters/berbagai sumber
Hubungan Taiwan dan China memanas. Sejak lima bulan lalu China memberlakukan larangan impor nanas dari Taiwan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kebijakan larangan China atas impor nanas dari Taiwan lima bulan lalu secara luas dipandang sebagai upaya untuk melemahkan posisi Presiden Tsai Ing-wen dengan konstituen politik. Data perdagangan menunjukkan langkah tersebut tidak menghasilkan efek apa pun.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (6/8), angka paruh pertama yang dikumpulkan oleh Dewan Pertanian Taiwan menunjukkan, petani nanas di Taiwan bernasib lebih baik sejak China memblokir impor mulai 1 Maret karena pembeli Jepang yang simpatik masuk untuk memberikan dukungan.

Pengiriman nanas Taiwan ke Jepang melonjak lebih dari delapan kali lipat menjadi 16.556 ton dalam empat bulan hingga Juni dari tahun lalu. Kampanye domestik untuk meningkatkan permintaan juga membantu.

Bantuan dari importir Jepang telah menjadi kejutan yang menyenangkan bagi petani Taiwan yang bingung yang bersiap-siap untuk penurunan harga menyusul langkah China, yang menyebutnya sebagai tindakan pencegahan normal untuk melindungi biosekuriti.

Buah berduri adalah salah satu dari daftar panjang produk dari anggur Australia hingga batu bara dan lobster yang ditargetkan China untuk dikenai sanksi. Sanksi tersebut diberikan terkait perselisihan perdagangan antara China dan beberapa negara dunia.

“Pendarahan berhasil dihentikan bahkan sebelum dimulai,” kata Chen Li-i, seorang pejabat di Dewan Pertanian di Taipei, seperti dikutip dari Bloomberg.

Jepang kini telah menggantikan China sebagai tujuan utama ekspor nanas Taiwan. Meskipun tidak jelas berapa lama larangan itu akan berlangsung – perubahan itu mungkin berbalik setelah pembatasan dicabut – buah tropis yang sederhana telah menjadi simbol pembangkangan yang tidak mungkin dalam intrik geopolitik kawasan itu.

Di tengah semua gempuran pedang oleh Beijing, Jepang dan Taiwan telah menyatakan keinginan luas untuk menjalin hubungan yang lebih dekat. Para pemimpin di Tokyo melihat keamanan mereka sendiri terkait langsung dengan Taiwan, yang China tegaskan sebagai wilayahnya.

Nanas merupakan sumber pendapatan penting bagi petani di Taiwan tengah dan selatan. Sekitar 11 persen nanas yang dipanen di Taiwan dijual ke luar negeri. Sebelum pelarangan, hampir seluruhnya dikirim ke China.

“Pesanan ekspor terlihat bagus secara tak terduga,” kata Chiao Chun, CEO Harvest Consultancy Co. di Taipei. “Ini benar-benar krisis yang berubah menjadi peluang,” ujarnya menambahkan.

Selain bantuan dari Jepang, peningkatan permintaan domestik yang didorong oleh kampanye selamatkan petani di media sosial mengumpulkan pembeli lokal untuk mendukung petani. Bahkan Presiden Tsai mengajukan satu hari setelah larangan China mulai berlaku.

Petani juga menerima dukungan penuh semangat dari bisnis lokal. Restoran di seluruh pulau bergegas untuk menambahkan sentuhan manis nanas ke semua jenis hidangan mulai dari bola udang, nasi goreng, dan bahkan sup mie daging sapi klasik. Administrasi Kereta Api Taiwan memperkenalkan kotak makan siang edisi khusus dengan nanas sebagai salah satu lauk pauknya.

Akibatnya, harga buah dalam negeri melonjak 28 persen menjadi rata-rata 22,1 new taiwan dolar (80 sen) per kilogram pada periode Maret-Juni, tertinggi dalam tiga tahun. Nilai total nanas yang dijual secara lokal naik 17 persen, menurut data yang diberikan oleh dewan pertanian Chen.

“Harga yang lebih tinggi didorong oleh permintaan domestik yang kuat menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi petani,” kata Chen.

Taiwan perlu meninjau pasar ekspor buahnya, menurut Young Fu-fan, seorang petani di daerah selatan Tainan. “Petani tidak bisa lagi berharap mendapatkan ‘uang mudah’ dari China,” katanya.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement