Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adam Kusuma

Metode Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang

Olahraga | Thursday, 05 Aug 2021, 12:19 WIB

Bingung tiap gajian uangnya habis gatau kemana? Yuk dicoba tips mengatur keuangan dengan metode Kakeibo

Kakeibo adalah sebuah cara/metode menabung yang biasa dipakai oleh masyarakat Jepang. cara ini bisa dijadikan referensi untuk kamu yang bingung cara mengatur keuangan.

Kakeibo adalah suatu cara untuk melakukan pencatatan uang secara manual untuk mencapai tujuan keuangan atau financial secure, yang berarti metode ini menggunakan cara mencatat menggunakan pena dan kertas, bukan dengan aplikasi pencatatan keuangan.

Seperti yang dilansir CNBC, mencatat secara manual termasuk rancana keuangan yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk mencapai tujuan kita. Karena, dengan rutin mencatat pengeluaran dan pemasukan, secara tak sadar kita akan lebih mempertimbangkan untuk mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu. Maka dari itu, metode yang ditemukan oleh Motoko Hani pada tahun 1904 ini dapat membantu kita untuk memangkas pengeluaran hingga 25%.

· Pertanyaan dasar metode kakeibo

Bersumber dari Evening Standart, Metode Kakeibo didasarkan pada jawaban dari keempat pertanyaan ini. pertanyaan inilah yang akan membantu kita agar lebih mudah dan paham tujuan keuangan serta penghematan seperti apa yang harus kita dilakukan.

1. Berapa banyak uang yang saya miliki?

Pertanyaan ini berarti kita harus mengetahui berapa jumlah uang yang kita terima tiap bulan atau tahun.

2. Berapa banyak yang ingin saya simpan?

Dari pertanyaan pertama, kemudian tentukan jumlah tabungan yang diinginkan. Saran saya coba untuk menyisihkan 25%-40% dari penghasilan. Ingat, disisihkan bukan disisakan untuk menabung.

3. Berapa yang saya belanjakan?

Buat daftar kategori pengeluaran. Kakeibo membagi pengeluaran dalam 4 kategori yang berbeda sebagai berikut:

· Survival, yaitu kebutuhan primer seperti uang makan, sewa apartemen atau cicilan rumah, ongkos ke tempat kerja

· Optional, yaitu kebutuhan sekunder seperti hiburan, jalan-jalan, makan dengan pacar, atau hal-hal yang sifatnya memanjakan diri.

· Culture, yaitu tambahan wawasan seperti buku, film, dan majalah.

· Extra, yaitu pengeluaran jika memiliki budget lebih seperti perbaikan rumah, biaya service kendaraan, dan lainnya.

4. Bagaimana saya bisa meningkatkan jumlah uang yang ditabung?

Pada poin ini, baca kembali catatan nomor tiga yang telah ditulis. kita dapat memperhatikan pada bagian mana pengeluaranmu menjadi lebih besar dan tidak terlalu perlu sehingga bisa dipangkas. Kemudian gunakan dana yang telah kamu pangkas itu untuk dimasukkan ke tabungan.

· Tahapan pencatatan

1. Buat catatan awal bulan

Tahapan pertama dalam metode Kakeibo ini dimulai dengan mencatat sejak awal bulan. Sebelum mencatat, kita perlu mengetahui dulu berapa banyak uang yang akan masuk ke rekening, serta mengetahui pengeluaran yang akan diperlukan. Pengeluaran di sini maksudnya adalah uang yang sudah pasti akan kita keluarkan untuk kegiatan sehari-hari, seperti untuk membayar cicilan, makan dan sebagainya. Setelah melakukan pencatatan pengeluaran tersebut, akan ditemukan jumlah uang yang masih tersisa.

2. Tentukan jumlah untuk ditabungSetelah menentukan seluruh pengeluaran bulanan, kemudian tentukan berapa banyak uang yang akan ditabung dari uang sisa tersebut. Dengan menentukan keuangan kita sejak awal, maka kamu dapat lebih mempertimbangkan aktivitas keuanganmu agar sesuai dengan tujuan kita menabung.3. Buat catatan pengeluaran dengan rinci

Seperti sudah kita bahas di awal, cara menghemat uang ala kakeibo ini sangat bergantung pada pembukuan/catatan keluar masuknya uang yang kita miliki, termasuk pembukuan pengeluaran harian. Catat tiap uang yang dikeluarkan untuk suatu hal, dan masukkan pada kategori apakah barang tersebut.

4. Lakukan review dan analisa ulang aktivitas keuangan yang dilakukan

Tahapan keempat merupakan tahapan terpenting dalam metode Kakeibo ini. Dari catatan pengeluaran yang telah kita buat, kita perlu untuk cek kembali apakah pengeluarannya sudah sesuai dengan rencana yang kita dibuat di awal.

Proses evaluasi ini mungkin bisa dilakukan mulai dari harian, mingguan, bulanan, bahkan hingga tahunan.

Pengeluaran-pengeluaran yang telah dicatat dalam buku catatan selanjutnya dijadikan bahan evaluasi untuk bulan berikutnya.

Cek kategori pengeluaran mana saja yang sesuai dan tidak sesuai. Jika ternyata sudah sesuai dengan rencana anggaran yang dibuat, bahkan masih ada pemasukan tersisa, berarti kita telah berhasil mengimplementasikan metode mengatur keuangan ala Kakeibo dalam kehidupan sehari-hari.

Adam Kusuma

Mahasiswa Administrasi Publik, FISIP UMJ

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image