Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

5 Cara Berani Untuk Minta Kenaikan Gaji

Gaya Hidup | Thursday, 05 Aug 2021, 09:55 WIB
www.ekrut.com

Jika kamu percaya diri telah melakukan pekerjaan yang mengesankan dan layak mendapatkan kompensasi yang lebih dari perusahaan, ada beberapa langkah yang harus kamu tempuh sebelum akhirnya yakin menemui atasan dan meminta kenaikan gaji. Ini dia, lima langkah yang dapat kamu coba.

1. Ketahui 'harga jual'

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui rata-rata gaji untuk posisimu. Kamu dapat mencarinya di internet ataupun dengan bertanya ke rekan kerjamu yang memiliki posisi yang sama ataupun di atasmu.

Kamu dapat mengunjungi laman payscale.com dan salaryexplorer.com untuk mengetahui rincian gaji berdasarkan posisi serta pengalaman. Kedua situs tersebut tidak usah diragukan lagi kredibilitasnya.

Setelah mengetahuinya, kamu dapat menjadikan nominal gaji tersebut sebagai referensi ketika kamu mengajukan kenaikan gaji pada atasan.

2. Buat janji dengan atasan

Saat meminta kenaikan gaji, kamu tidak boleh langsung asal main masuk ruangan atasan dan meminta kenaikan gaji. Ada baiknya, kamu membuat janji terlebih dahulu. Kamu dapat meminta waktu untuk berdiskusi dengan atasan melalui email.

3. Cari waktu yang pas

Agar jalanmu dalam meminta kenaikan gaji semakin mulus, kamu harus pintar dalam memilih waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji.

Jangan ragu untuk melangkah tiap kamu melihat ada kesempatan baik. Misalnya, saat atasanmu terlihat gelisah karena ada salah satu karyawan yang resign. Kamu dapat memanfaatkan momen tersebut untuk meminta kenaikan gaji. Pasalnya, mungkin perusahaan akan mengabulkan pemohonanmu karena tidak ingin kehilangan karyawan lagi.

4. Lakukan negosiasi tatap muka

CEO OgilyvyOne dari Inggris, Jo Coombs tidak menyarankan karyawan untuk meminta kenaikan gaji via email. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kamu berani untuk melakukan negosiasi secara tatap muka.

Memang hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan. Namun, kamu akan lebih dihormati apabila memilih berbicara langsung kepada atasanmu untuk meminta kenaikan gaji.

5. Jangan menunggu terlalu lama

Kamu dapat mengajukan permohonan kenaikan gaji beberapa bulan sebelum review tahunan. Sehingga, pada saat review tahunan, atasan dapat menentukan kenaikan gajimu di masa mendatang.

Ketahui 2 cara berani dalam meminta kenaikan gaji lainnya melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image