Kamis 05 Aug 2021 05:38 WIB

'Kekagumanku' Jadi Lagu Terakhir KSP Bersama Marthin Saba

Sebagai penghormatan, konsep klip diubah jadi cuplikan dokumentasi Marthin dan KSP.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Marthin Saba
Foto: Instagram
Marthin Saba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KSP Band mendedikasikan video klip dari lagu "Kekagumanku" untuk mendiang vokalisnya, Marthin Saba. Lagu daur ulang tersebut merupakan karya terakhir grup musik tersebut bersama Marthin.

Lagu ciptaan Candra Darusman yang juga ditulis oleh Harry Sabar itu dirilis KSP dengan sentuhan berbeda. Saat dibawakan oleh Candra pada 1983, tembang cinta itu menjadi hit pada zamannya.

"Kekagumanku" bercerita tentang rasa kagum terhadap seseorang yang telah lama dipendam. Karena disadari cukup terlambat untuk mengungkapkannya, rasa itu pun hanya disimpan dalam hati saja.

Penggarapan versi daur ulang lagu berlangsung selama November hingga Desember 2020. Ketika dirilis sebagai single, KSP Band menambahkan harmoni vokal, brass section, dan string section.

"Kekagumanku" versi KSP Band diaransemen oleh Donny Herdanto yang merupakan arranger sekaligus kibordis dari grup musik tersebut. Aransemen string gubahannya dimainkan oleh Kawan String Bandung.

Proses mixing dan mastering dirampungkan oleh Ari Renaldi. Peran sebagai produser eksekutif diserahkan sepenuhnya pada Rahmat Gobel dan KSP Band sendiri. Lagu dirilis di bawah naungan label Halaman Records.

Ketika Marthin tutup usia pada 7 Februari 2021 silam, KSP Band sedang merencanakan pembuatan video klip. Sebagai penghormatan, konsep klip diubah menjadi cuplikan foto dan video tentang Marthin dan band.

KSP Band berharap lagu bisa menjadi sumber kebahagiaan bagi semua yang mendengarkan, terutama di masa sulit seperti sekarang ini. Selain itu, "Kekagumanku" diharapkan menjadi pelepas rindu bagi penggemar band.

Hal itu mengingat KSP Band terakhir kali merilis album pada 2011. Selain single "Kekagumanku", KSP Band menargetkan hadirnya tiga lagu lain setahun ke depan. Konser khusus secara virtual juga tengah disiapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement