Daerah Didorong Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Sampah

Red: Ratna Puspita

Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Novrizal Tahar menyatakan pemerintah terus mendorong peningkatan kapasitas pengelolaan sampah di daerah. (Foto: Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat)
Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Novrizal Tahar menyatakan pemerintah terus mendorong peningkatan kapasitas pengelolaan sampah di daerah. (Foto: Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat) | Foto: Republika/Mahmud Muhyidin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Novrizal Tahar menyatakan pemerintah terus mendorong peningkatan kapasitas pengelolaan sampah di daerah. "Pemerintah pusat selalu berusaha mendorong, meningkatkan kapasitas pemerintah daerah. Kapasitas layanan, kapasitas teknologi yang dimiliki oleh pemerintah daerah tentunya," kata Novrizal dalam diskusi Festival Peduli sampah Nasional 2021, dipantau virtual dari Jakarta pada Rabu (4/8).

Peningkatan itu dilakukan lewat berbagai upaya, regulasi yang sudah disiapkan termasuk dukungan keuangan dalam bentuk dana alokasi khusus, dana insentif daerah dan berbagai bantuan lain kepada pemerintah daerah. Dia menjelaskan pemerintah juga mendorong beberapa kebijakan pemanfaatan sampah menggunakan teknologi baru seperti Refused Derived Fuel (RDF) untuk mengolah sampah yang menggantikan batu bara menjadi bahan bakar.

Baca Juga

Peningkatan kapasitas itu dilakukan untuk mencapai target 100 persen sampah terkelola dengan baik dan benar pada 2025 yang diukur melalui pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen. Dalam kesempatan itu Novrizal juga menyampaikan apresiasi terhadap peran produsen dan masyarakat dalam perkembangan pengelolaan sampah di Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

Dia menyoroti bagaimana banyak produsen yang menyatakan komitmennya untuk ikut dalam menyelesaikan persoalan sampah di tanah air. Salah satunya dengan mendukung penarikan kembali sampah kemasan oleh produsen.

Selain itu, di tingkat masyarakat juga semakin banyak inovasi dan usaha untuk menangani sampah termasuk semakin banyaknya bank sampah, tempat pengolahan sampah reduce reuse recycle (TPS3R) serta wirausaha sosial yang bergerak di sektor pengelolaan sampah.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Cara Mudah Hilangkan Lalat dan Kurangi Bau di Tempat Sampah

KLHK Minta Pemda Perhatikan Pengolahan Limbah Medis Covid-19

Pemkot Sukabumi Uji Coba Alat Pengurai Sampah di Desa

Proses Daur Ulang di Masa PPKM

KLHK Soroti Temuan Limbah Medis yang Dibuang Sembarangan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image