Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Prodi dengan Prospek Karir yang Banyak Dicari Tahun 2025

Rabu 04 Aug 2021 16:09 WIB

Red: Irwan Kelana

Yuk kenali prodi yang memiliki prospek karier banyak dicari perusahaan pada tahun 2025.

Yuk kenali prodi yang memiliki prospek karier banyak dicari perusahaan pada tahun 2025.

Foto: Dok UNM
Lima prodi favorit itu ada di Universitas Nusa Mandiri (UNM).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa perlu tahu profesi apa saja yang bakal dicari empat tahun mendatang, yakni tahun 2025. Sebab, salah satu tujuan memperdalam ilmu pengetahuan pada jenjang perguruan tinggi, agar memiliki skill yang mumpuni sebagai bekal berkarier di masa depan.

Memilih program studi pada perguruan tinggi, tentunya disesuaikan dengan bakat dan minat yang akan ditekuni. Hal ini cukup penting, agar pembelajaran yang dilakukan dapat dijalani dengan sepenuh hati.

Calon mahasiswa harus tahu, program studi apa saja yang akan mendukung cita-cita karier masa depannya. 

Berikut program studi dengan prospek karir banyak dicari tahun 2025 seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

1. Sains Data

Bidang ilmu sains data merupakan ilmu terapan yang secara khusus mempelajari dan menganalisis data. Di era digital sekarang, ilmu sains data cukup punya peran penting. Sebab, melimpahnya data yang tersedia dapat menjadi sebuah informasi penting ketika diolah dengan baik. Dengan ilmu sains data data-data diolah untuk menunjang keputusan penting pada perusahaan.

Tati Mardiana, ketua Program Studi (prodi) Sains Data Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan, prospek karir bidang sains data di era digital sangat terbuka luas. Hampir semua perusahaan dan dunia industri membutuhkan informasi dari banyak data yang ada.

“Melimpahnya data dapat dijadikan informasi yang bermanfaat dan penting dalam menunjang keputusan penting di perusahaan. Oleh karena itu, akan banyak dibutuhkan para ahli di bidang sains data atau data scientist untuk mengolah data menjadi informasi penting,” ujarnya dalam wawancara melalui whatsapp, Selasa (3/8).

2. Bisnis Digital

Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat masyarakat bergantung cukup kuat pada bidang digital. Program studi bisnis digital merupakan program studi masa depan yang akan mendukung perkembangan teknologi digital masa kini. Program studi bisnis digital punya kekuatan pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Lulusan program studi bisnis digital sengaja disiapkan untuk menjawab segala tantangan masa depan.

Lia Mazia, Ketua program studi (prodi) Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyampaikan, lulusan prodi Bisnis Digital dibekali dengan ilmu dan strategi bisnis masa kini. Sebab, lulusan bisnis digital memang disiapkan untuk membangun platform bisnis digital yang akan menjadi tren di masa depan.

“Harapannya, lulusan prodi bisnis digital mampu menjadi SDM unggul di bidang technopreneur,” katanya dalam keterangan pers, Selasa (8/3).

3. Manajemen

Ilmu bidang manajemen memang tidak ada matinya.  Sebab, bidang manajemen selalu ada di setiap perusahaan dan organisasi, begitupun dunia industri. Manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Bidang manajemen termasuk dalam bidang bisnis ekonomi, tetapi lebih fokus pada kegiatan mengelola, merencanakan dan mengatur semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Ketua Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Nusa Mandiri (UNM), Instianti Elyana menyebutkan bidang ilmu manajemen selalu jadi favorit. Pasalnya, ilmu manajemen sangat dibutuhkan di hampir seluruh sektor di berbagai perusahaan.

“Lulusan prodi manajemen sangat dibutuhkan untuk dapat mengelola suatu organisasi dengan pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan serta dapat berkomunikasi secara efektif,” ungkapnya dalam keterangan pers, Selasa (8/3).

4. Sistem Informasi

Program studi (prodi) Sistem Informasi merupakan jurusan kuliah yang menggabungkan ilmu komputer, bisnis dan manajemen. Sistem informasi menjadi bidang studi yang memiliki cakupan cukup luas. Begitu pentingnya peran yang dimainkan bidang sistem informasi tentu akan meningkatkan daya saing bagi mereka yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut.

Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM), Sukmawati Anggraeni Putri menegaskan, prodi Sistem Informasi merupakan sebuah bidang studi yang menggabungkan ilmu komputer dengan ilmu lainnya, seperti ekonomi, manajemen dan bisnis.

“Melalui prodi Sistem Informasi, mahasiswa akan belajar lebih dalam tentang cara melakukan identifikasi serta proses sebuah bisnis di perusahaan. Mulai dari data-data atau profil bisnis hingga perancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis,” tegasnya pada media, Selasa (8/3).

5. Informatika

Disiplin ilmu yang berfokus pada pengembangan sistem berbasis komputer dengan segala kemampuan pemrograman, kecerdasan buatan dan jaringan komputer. Mahasiswa program studi (prodi) Informatika akan fokus belajar tentang bagaimana mengoptimalkan kinerja subsistem, sedang untuk melakukan optimalisasi dan rekayasa subsistem maka dibutuhkan kemampuan pemrograman yang kuat.

Arfhan Prasetyo, ketua Prodi Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) memaparkan, bidang informatika merupakan jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak dan kinerja komputer. Bidang studi Informatika ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

“Lulusan Informatika memiliki peluang karir di dunia kerja. Mereka mampu melakukan analisis kebutuhan perangkat lunak, mendesain dan mengembangkan, juga melakukan tes pada perangkat lunak. Selain itu, mampu memahami konsep jaringan komputer dan menuangkan pada konsep tersebut,” paparnya dalam rilis yang diterima, Selasa (8/3).

Lima program studi tersebut di atas semua ada di kampus Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang telah terakreditasi.

Saat ini, Universitas Nusa Mandiri (UNM) masih membuka pendaftaran mahasiswa baru. Dan sudah masuk gelombang ke enam mulai 4 Agustus 2021 hingga 2 September 2021.

Dr Dwiza Riana, rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) membenarkan bahwa Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyediakan prodi-prodi masa depan yang para lulusannya banyak dicari perusahaan dan dunia industri.

“Beberapa profesi yang akan banyak dicari pada tahun 2025 yakni data analyst dan scientists, big data specialists, digital marketing dan strategy specialists, process automation specialists. Selain itu business development professionals, information security analysts, digital transformation specialists, software and applications developers, project managers, strategic advisors, dan masih banyak yang lainnya,” tandasnya kepada media, Selasa (8/3).

Universitas Nusa Mandiri (UNM) senantiasa berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman terutama dalam bidang teknologi. UNM menyiapkan lulusan dengan ilmu pengetahuan dan wawasan yang mumpuni di bidang teknologi digital.

“Kami berupaya mencetak lulusan yang unggul dan handal di bidang teknologi digital guna menjawab segala tantangan masa depan,” tutupnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA