Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Laporte Buka Peluang Tinggalkan City dan Kembali ke Spanyol

Rabu 04 Aug 2021 16:30 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar

Aymeric Laporte dari Manchester City merayakan dengan trofi di akhir pertandingan final Piala Liga Inggris antara Manchester City dan Tottenham Hotspur di stadion Wembley di London, Minggu, 25 April 2021. Manchester City menang 1-0.

Aymeric Laporte dari Manchester City merayakan dengan trofi di akhir pertandingan final Piala Liga Inggris antara Manchester City dan Tottenham Hotspur di stadion Wembley di London, Minggu, 25 April 2021. Manchester City menang 1-0.

Foto: AP / Alastair Grant
Laporte terancam kesulitan untuk bisa tampil reguler pada musim depan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bek tengah timnas Spanyol, Aymeric Laporte, mulai mempertimbangkan kemungkinan untuk meninggalkan Manchester City pada bursa transfer musim panas kali ini.

Bek tengah berusia 27 tahun itu dikabarkan berharap bisa kembali lagi berkiprah di pentas Liga Spanyol. Laporte bahkan disebut-sebut sudah mengungkapkan keinginannya tersebut kepada manajemen The Citizen.

Kehilangan tempat di tim inti The Blues menyusul kehadiran Ruben Dias dan performa impresif John Stones pada musim lalu menjadi alasan yang dikemukakan oleh Laporte terkait keinginannya untuk hengkang tersebut.

''Laporte telah meminta perwakilannya untuk menginformasikan kepada pihak klub soal keinginannya tersebut. Laporte tertarik untuk kembali merumput di Liga Spanyol pada musim depan,'' tulis laporan 90Min seperti dilansir BBC, Rabu (4/8).

Sempat menjadi andalan di lini belakang City saat merengkuh titel Liga Primer Inggris musim 2018/2018, Laporte memang kehilangan posisi di tim inti The Citizen dalam dua musim terakhir.

Cedera lutut dan kesulitan untuk kembali ke kondisi terbaiknya membuat Laporte hanya tampil total di 47 laga di semua ajang dalam dua musim terakhir. Catatan penampilan ini sangat jauh berbeda pada musim 2018/2019, kala Laporte merumput di 51 partai di semua kompetisi.

Di sisi lain, pelatih Pep Guardiola telah menemukan andalan baru dalam menjaga jantung pertahanan The Citizen, yaitu duet Ruben Dias dan John Stone. Pada musim lalu, performa Dias dan Stone dianggap memiliki peran krusial buat langkah City dalam merengkuh titel Liga Primer Inggris.

Imbasnya, Laporte terancam kesulitan untuk bisa tampil reguler pada musim depan. Situasi Laporte ini ternyata terus dipantau oleh dua klub papan atas La Liga, Barcelona dan Real Madrid.

Tidak hanya itu, Barcelona dan Real Madrid malahan dikabarkan sudah menghubungi manajemen City terkait kemungkinan perekrutan pemain yang masih terikat kontrak bersama City hingga 2025 tersebut.

Madrid memang tengah membutuhkan bek tengah anyar menyusul kepergian Sergio Ramos dan Raphael Varane. Sejauh ini, Madrid baru mendatangkan David Alaba untuk menambal kepergian dua pemain tersebut.

Laporte, yang pernah enam musim membela tim senior Athletic Bilbao, tentu tidak akan kesulitan untuk beradaptasi dengan permainan di sepak bola Spanyol.

Sementara Barcelona disebut-sebut mencari bek tengah anyar lantaran keraguan pelatih Ronald Koeman terhadap Samuel Umtiti dan Clement Lenglet. Blaugrana pun dikabarkan siap melepas Umtiti dan mendatangkan bek tengah anyar.

Laporte, yang memilih membela timnas Spanyol di Euro 2020, dinilai menjadi pilihan yang ideal buat Barcelona dalam meningkatkan kualitas lini belakang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA