Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Tafsir Ayat Pertama Yang Diturunkan Kepada Nabi Muhammad

Rabu 04 Aug 2021 15:10 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

Tafsir Ayat Pertama Yang Diturunkan Kepada Nabi Muhammad. Foto: Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

Tafsir Ayat Pertama Yang Diturunkan Kepada Nabi Muhammad. Foto: Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

Foto: MGROL100
Kisah turunnya ayat pertama ke Nabi Muhammad sangat populer.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menurut para ulama, ayat pertama yang turun kepada Rasulullah SAW adalah Surah Al-Alaq ayat 1-5. Hampir semua Muslim mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW saat menerima wahyu pertamanya yakni Surah Al-Alaq ayat 1-5.

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ

Baca Juga

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. (QS Al-Alaq: 1)

Dalam Tafsir Ringkas Kementerian Agama dijelaskan maksud dari ayat ini ialah, Wahai Nabi, bacalah apa yang Allah wahyukan kepadamu dengan terlebih dahulu menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan segala sesuatu dengan keesaan-Nya.

Menurut Tafsir Kementerian Agama ayat ini mengandung arti, Allah memerintahkan manusia membaca (mempelajari, meneliti dan sebagainya) apa saja yang telah Allah ciptakan, baik ayat-ayat-Nya yang tersurat (qauliyah) yaitu Alquran dan ayat-ayat-Nya yang tersirat maksudnya alam semesta (kauniyah).

Membaca itu harus dengan nama-Nya, artinya karena Allah dan mengharapkan pertolongan-Nya. Dengan demikian, tujuan membaca dan mendalami ayat-ayat Allah itu adalah memperoleh hasil yang diridhoi-Nya, yaitu ilmu atau sesuatu yang bermanfaat bagi manusia.

Dalam Tafsir Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syekh Professor Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syariah Universitas Qashim, Arab Saudi. Dijelaskan bahwa jika hati telah lalai dan jahil akan keagungan Rabbnya, dia akan berani melakukan segala yang ia inginkan walau hal itu terlarang. Maka bukalah untuk hati kamu pintu-pintu pengetahuan tentang Tuhan kamu.

Cara memperbanyak mengamati dan mengambil pelajaran dari alam ciptaan Allah ini, dan selalu mentadabburi ayat-ayat yang terkandung dalam kitab-kitab-Nya, oleh karena itu Allah memulai kitab-Nya (Alquran) pada Surah Al-Alaq dengan kata "Iqra" artinya bacalah. Karena membaca adalah pintu segala ilmu.

Firman Allah dalam ayat pertama Surah Al-Alaq adalah isyarat yang mengajarkan bahwa kunci utama dari kemajuan dan perkembangan suatu peradaban (dalam pandangan Islam) adalah dengan ilmu pengetahuan, bukan pada kemajuan kekayaan dan kekuatan pertahanan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA