Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Berbagi di Tengah Pandemi, Ini Harapan Youtuber Papa Blar

Rabu 04 Aug 2021 06:49 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Sedekah/Ilustrasi

Sedekah/Ilustrasi

Ia mencari wilayah yang sudah lama tak terjamah pemberian daging kurban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa pandemi yang berkepanjangan ini tentulah tidak mudah bagi sebagian besar orang, terutama dari segi ekonomi. Ada yang harus kehilangan pekerjaannya, bahkan ada yang kehilangan usahanya sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari yang semakin meningkat.

Meski demikian, pandemi ini juga melahirkan publik figur yang akhirnya terjun untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Bentuk bantuannya pun bermacam macam, ada yang langsung memberikan pada yang membutuhkan, ada juga yang bekerjasama dengan badan amal untuk menyalurkan bantuannya.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Content Creator, Youtuber, sekaligus selebgram R Gunawan atau yang akrab disapa Papa Blar. Ia mendonasikan sebagian rezekinya berupa daging kurban, menariknya ia memberikan daging tersebut pada lokasi yang bahkan telah 20 tahun tidak menerima distribusi daging kurban.

photo
Pegiat media sosial Tanah Air, R Gunawan (kanan). - (Dok. Web)
“Seperti yang kita semua tahu, Idul Adha kan memang sebuah momentum untuk umat muslim beribadah, salah satunya adalah dengan menyembelih hewan kurban, dan biasanya daging hewan kurban yang telah disembelih kemudian dibagikan kepada yang membutuhkan, dan di sini saya melihat nyatanya masih banyak yang membutuhkan namun tidak mendapatkan daging tersebut,” ujar Papa Blar di Jakarta, Selasa (3/8).

Oleh karenanya, pria penyuka otomotif ini mulai mencari tahu daerah mana yang jarang sekali tersentuh pembagian hewan kurban. “Rupanya saya temukan ada Desa Pasir Menteng, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang rupanya sudah lama sekali tidak mendapatkan daging kurban,” ujarnya.

Akhirnya ia mencoba mendatangi lokasi tersebut, untuk mengetahui apakah informasi yang ia terima benar adanya. “Di lokasi saya bertemu dengan Ketua RT setempat, yaitu Pak Yayun, dan beliau membenarkan bahwa di daerahnya sudah lama tidak mendapatkan bagian hewan kurban,” ujar pemilik akun @kiingsmann_ tersebut.

Padahal, menurut Ketua RT setempat, di desa tersebut terdapat kurang lebih ada 50 kepala keluarga yang sebagian besar bekerja sebagai buruh tani, dan tentu sangat layak untuk mendapatkan bantuan hewan kurban.

Berbekal dari informasi tersebut, akhirnya ia langsung mencari sapi di sekitar Bandung. “Setelah mendapatkan sapi yang sesuai, saya serah terima dengan Ketua RW setempat, yang nantinya mereka akan bentuk panitia kurban guna menyembelih sapi dan membagikannya pada kurang lebih 300 kepala keluarga di sana,” ujarnya.

Tak hanya memberikan sapi sebagai hewan qurban, Papa Blar juga sempat berinteraksi dan memberikan bantuan uang tunai kepada warga Desa Pasir Menteng. Salah satunya Emak, wanita paruh baya yang mengalami kesulitan ekonomi bahkan untuk sekedar memenuhi kebutuhan makanan sehari harinya, sehingga wanita 70 tahun tersebut harus mengharap belas kasihan dari warga perumahan tak jauh dari tempat tinggalnya.

"Jumlahnya tak seberapa tapi saya harap ini semua menginspirasi," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA