Rabu 04 Aug 2021 05:37 WIB

Musik BTS Berubah, Ini Kata Suga

Suga kini banyak mendengarkan beragam genre musik dan mempelajarinya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Suga BTS
Foto: EPA
Suga BTS

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Salah seorang personel BTS, Suga, berbicara tentang perkembangan musik grupnya selama bertahun-tahun. Dalam wawancara dengan Weverse Magazine, salah satu rapper BTS itu berbicara bagaimana BTS bertumbuh dari debut “No More Dream” hingga single baru “Permission to Dance”.

Suga beranggapan sangat wajar dan alami jika BTS mencampur dan mencocokkan berbagai genre, seiring pertumbuhan grupnya. “Artis mencampur dan mencocokkan genre berbeda saat mereka tumbuh, dan musik berkembang saat orang-orang pada masanya mendengarkannya,” kata pemilik nama lahir Min Yoon-gi itu dilansir Korea Boo, Selasa (3/8).

Suga juga berbicara tentang bagaimana dia mendengarkan banyak musik akhir-akhir ini dan apa yang dia pelajari darinya. Suga memuji perkembangan teknologi yang membuatnya bisa mendapatkan rekomendasi lagu serupa yang sering dia dengarkan.

“Setelah mendengarkan mereka, saya menyadari gaya hiphop juga berubah dan terpecah menjadi cabang yang berbeda,” ujar Suga.

Selain mendengarkan hiphop, pemilik nama solo Agust D itu mengatakan juga mendengarkan banyak musik instrumental. “Saya selalu menyukai musik Hans Zimmer. Ada banyak film yang saya suka ternyata memiliki musik oleh Hans Zimmer,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement