Wednesday, 26 Rabiul Akhir 1443 / 01 December 2021

Wednesday, 26 Rabiul Akhir 1443 / 01 December 2021

Gasak Argentina, Australia Tantang AS di Semifinal Basket

Selasa 03 Aug 2021 22:44 WIB

Red: Israr Itah

Pemain timnas basket Australia Joe Ingles (kedua kiri) memberikan bola kepada rekannya Patty Mills (kedua kanan) dalam pertandingan perempat final basket putra Olimpiade 2020.

Pemain timnas basket Australia Joe Ingles (kedua kiri) memberikan bola kepada rekannya Patty Mills (kedua kanan) dalam pertandingan perempat final basket putra Olimpiade 2020.

Foto: EPA-EFE/KIMIMASA MAYAMA
Tim basket putra Australia ke semifinal Olimpiade Tokyo usai bekuk Argentina 97-59.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Australia akan menantang Amerika Serikat dalam semifinal bola basket putra Olimpiade Tokyo 2020. Australia lolos selepas menggasak Argentina 97-59 dalam pertandingan perempat final di Saitama Super Arena, Jepang, Selasa (3/8).

Pasukan Boomers yang masuk perempat final berbekal catatan sapu bersih kemenangan pada fase penyisihan grup tampil begitu efisien. Australia mengonversi 49 persen percobaan tembakan terbuka mereka, demikian statistik laman Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga

Patty Mills kembali menjadi penopang kemenangan Australia dengan meraih 18 poin, diikuti masing-masing 12 poin dari Matisse Tybulle dan Jock Landale, 11 poin milik Joe Ingles serta double-double 10 poin dan 10 rebound yang dicetak Nic Kay.

Sementara kubu Argentina cuma mencapai tingkat konversi tembakan terbuka 34 persen. Hanya Nicolas Laprovittola dan Gabriel Deck yang mencapai raihan angka dua digit. Laprovittola mencetak 16 poin, sedangkan Deck membuat double-double dengan 12 poin dan 10 rebound.

Argentina sebetulnya mengawali pertandingan dengan baik dan sempat memimpin 18-10 pada sisa waktu tiga menit 14 detik kuarter pertama kala Laprovittola melesakkan tembakan tripoin. Keunggulan Argentina terpangkas, tetapi mereka tetap mampu menutup kuarter pertama dengan keunggulan 22-18 saat Laprovittola mencetak poin dari paint area.

Sayang grafik penampilan Argentina kemudian melorot dan Australia terlebih dulu menyamakan kedudukan 24-24 dalam dua menit awal kuarter kedua lewat lemparan tiga angka Ingles. Nyaris dua menit berlalu tanpa ada poin tambahan dari kedua tim hingga Tybulle meraih dua poin menyudahi fast break Australia untuk membuat kedudukan 26-24. Sejak itu keunggulan selalu dimiliki Australia yang menutup kuarter kedua dengan skor 39-33.

Australia memperlebar keunggulan mereka lagi menjadi 60-48 kala mengakhiri kuarter ketiga dengan layup dari Dante Exum. Argentina semakin tak berkutik pada kuarter pemungkas, sebaliknya Australia tampil begitu gemilang meraih 37 poin tambahan, yang 10 di antaranya disumbangkan oleh Landale.

Sementara Argentina hanya mampu menambah 11 poin, Australia menutup laga dengan kemenangan meyakinkan 97-59 untuk melanjutkan tren sapu bersih mereka di Tokyo. Pertandingan semifinal melawan Amerika dijadwalkan berlangsung Kamis (5/8).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA