Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Jual Perusahaan, Reese Whiterspoon Kantongi Rp 12 Triliun

Selasa 03 Aug 2021 19:14 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah

Reese Whiterspoon menjual perusahaannya ke ekuitas swasta Blackstone.

Reese Whiterspoon menjual perusahaannya ke ekuitas swasta Blackstone.

Foto: Wikimedia
Reese Whiterspoon menjual perusahaannya ke ekuitas swasta Blackstone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Media Amerika Hello Sunshine yang didirikan oleh aktris Reese Witherspoon telah dijual seharga 900 juta US Dolar atau Rp 12 Triliun ke perusahaan media yang didukung oleh perusahaan ekuitas swasta Blackstone Group Inc. Usaha media yang masih belum disebutkan namanya oleh Blackstone ini akan dijalankan oleh mantan eksekutif Disney Kevin Mayer dan Tom Staggs.

"Hari ini menandai momen luar biasa untuk Hello Sunshine. Saya memulai perusahaan ini untuk mengubah cara semua wanita dilihat di media. Selama beberapa tahun terakhir, kami telah menyaksikan misi kami berkembang pesat melalui buku, TV, film dan platform sosial. Kami mengambil langkah maju yang besar dengan bermitra dengan Blackstone, yang akan memungkinkan kami untuk menceritakan kisah yang lebih menghibur, berdampak dan mencerahkan tentang kehidupan perempuan secara global," kata CEO Hello Sunshine Reese Witherspoon dikutip dari variety pada Selasa (3/8).

Kemudian, ia melanjutkan akan bergabung dengan dewan direksi perusahaan baru dan akan terus mengawasi operasi sehari-hari. Mereka juga akan tetap menjadi pemegang ekuitas yang signifikan. Ia menambahkan penjualan Hello Sunshine dapat memicu gelombang baru akuisisi perusahaan konten dan datang saat perusahaan seperti A24, Imagine, Legendary dan SpringHill Entertainment dari Lebron James telah menjajaki kemungkinan penjualan.

CEO Hello Sunshine Sarah Harden mengatakan banyak dukungan dari perusahaan induk dengan kantong yang dalam dan pengalaman industri yang mendalam di Mayer dan Staggs. Hal ini membantunya di dunia industri.

"Saya tentu akan mengantisipasi semua mitra yang bekerja sama dengan kami sekarang dan akan terus kami kerjakan.

Kami akan terus fokus untuk mendefinisikan acara yang menentukan platform itu.  Dan kami tidak hanya fokus pada apa yang kami lakukan tetapi bagaimana kami melakukannya. Kami sengaja bekerja untuk mengubah dan mentransformasi industri ini, menciptakan peluang bagi para pembuat konten yang secara struktural terpinggirkan selama beberapa dekade," kata dia.

Sementara itu, Mantan eksekutif Walt Disney Co Kevin Mayer dan Tom Staggs, mengaku terlibat dalam pembicaraan dengan SpringHill dan Imagine saat mereka ingin menggulung beberapa perusahaan media yang lebih kecil.

“Kami sangat senang bermitra dengan Reese, Sarah dan seluruh tim Hello Sunshine. Hello Sunshine sangat cocok untuk visi kami tentang perusahaan hiburan, teknologi dan perdagangan generasi baru. Kami berupaya memberdayakan pembuat konten dengan inovasi, modal dan skala untuk menginspirasi, menghibur serta menyenangkan pemirsa global dengan konten, pengalaman dan produk yang menarik," kata Kevin.

Ia mengaku akan menumbuhkan budaya ramah pencipta yang unik dan memberi bakat elit sumber daya yang mereka butuhkan untuk membuat dan memanfaatkan karya terbaik dan paling inventif mereka.  

"Kami berharap dapat mendukung Reese, Sarah dan tim kelas dunia mereka saat mereka terus memproduksi dan mengidentifikasi konten yang dinamis dan menarik untuk tahun-tahun mendatang," kata dia.

Diketahui, harga Hello Sunshine kemungkinan akan menaikkan alis di industri hiburan. Perusahaan ini memiliki pengakuan merek dan duta selebritas yang berharga di Witherspoon tetapi tidak memiliki perpustakaan konten yang mendalam dan hanya menjadi menguntungkan pada tahun 2020.

Tetapi sebuah sumber yang dekat dengan situasi tersebut mengatakan penilaian itu tidak keluar dari grafik dan didasarkan pada kelipatan yang masuk akal.  pendapatan mengalir melalui pundi-pundi Hello Sunshine. Perusahaan siap untuk meluncurkan sejumlah proyek dan inisiatif baru, termasuk di arena e-commerce yang menjadi fokus perusahaan induk spanduk yang berfokus pada konten yang ingin dibangun oleh Mayer dan Staggs, dengan bankroll Blackstone.

Hello Sunshine didirikan pada tahun 2016 sebagai usaha patungan dengan Otter Media AT&T.  Itu menghitung Kolektif Emerson Laurene Powell Jobs di antara investornya.  Blackstone membayar lebih dari 500 juta US Dolar tunai untuk membeli saham Hello Sunshine. Tidak jelas apakah fakta dan penilaiannya juga mencakup semacam pendapatan berdasarkan pemenuhan tolok ukur kinerja tertentu.

Proyek Hello Sunshine termasuk film "Gone Girl" dan "Wild," serta "The Morning Show" dan "Big Little Lies."  Ini juga memiliki Klub Buku Reese yang populer.  Perusahaan baru-baru ini pindah ke podcasting dan ke hiburan keluarga dan memiliki serangkaian program anak-anak yang sebelumnya tidak diumumkan yang akan diproduksi.

Hello Sunshine masih akan bekerja sama dengan studio dan distributor luar untuk memproduksi kontennya, yang berarti grup Mayer atau Staggs tidak segera berencana untuk membiayai defisit produksi film dan TV dengan tiket besar. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA