Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Mahasiswa UBSI Kini Dibekali Sertifikasi Zahir Accounting

Selasa 03 Aug 2021 08:16 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi di bawah Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), selenggarakan webinar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Zahir Accounting dengan Tema Memahami Alur Penyusunan Laporan Keuangan untuk Pembekalan Sertifikasi Zahir Accounting, Kamis (22/7).

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi di bawah Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), selenggarakan webinar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Zahir Accounting dengan Tema Memahami Alur Penyusunan Laporan Keuangan untuk Pembekalan Sertifikasi Zahir Accounting, Kamis (22/7).

Foto: UBSI
Kaprodi menyebut sertifikasi wajib diikuti mahasiswa UBSI prodi SIA

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG-- Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi di bawah Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), selenggarakan webinar Pembekalan Sertifikasi Kompetensi Zahir Accounting dengan Tema “Memahami Alur Penyusunan Laporan Keuangan untuk Pembekalan Sertifikasi Zahir Accounting”, Kamis (22/7). 

Webinar dilakukan secara  daring yaitu melalui Zoom, yang menghadirkan  narasumber Lila Dini Utami, dan dimoderatori oleh Sri Murni.

Menurut Dede Firmansyah S, Kaprodi SIA Universitas BSI kampus Karawang mengatakan, webinar ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester II, IV dan VI, gabungan dari Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Karawang, Bogor, Sukabumi, Tegal, Surakarta, dan Pontianak.

Dalam sambutannya, ia juga menerangkan bahwa webinar ini bertujuan untuk memberi bekal mahasiswa agar mempersiapkan diri mengikuti sertifikat Zahir. Sehingga dalam pelaksanaanya, bisa berjalan dengan lancar serta hasilnya lulus. Sertifikat kompetensi ini akan dikeluarkan oleh PT. Zahir Internasional. 

Sebagai narasumber webinar, Lila Dini Utami menjelaskan secara detail seputar sertifikasi Zahir mulai dari beragam latihan maupun studi kasus yang akan dihadapi mahasiswa.

“Webinar ini mengupas tuntas mengenai isi juklak sertifikasi Zahir dan ditunjang dengan latihan studi kasus serta teknis ujian sertifikasi dengan menggunakan Zahir versi 6 agar lebih mendalam dalam pemahaman pengelolaan laporan keuangan. Ujian sertifikasi akan dilaksanakan dalam 2 skema yaitu skema ujian secara online, yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 hingga 31 Juli 2021.  Sedangkan ujian online akan dilaksanakan pada tanggal 27, 29, 31 Juli 2021 sesuai jadwal yang sudah di tentukan,” tutur Lila.

Dwi Agustiara, salah satu peserta mengaku, dengan mengikuti kegiatan ini dapat menambah pengetahuan seputar sertifikasi. Ia pun bisa menambah persiapan lebih matang sebelum sertifikasi berlangsung.

“Pembekalan sertifikasi zahir ini sangat bermanfaat sekali buat saya, dari pelatihan ini saya dapat mengetahui untuk plan mengikuti sertifikasi. Paham bagaimana mengikuti rangkaian sertifikasinya dan lulus,” pungkas Dwi. 

Hal serupa juga diuangkapan oleh Dede peserta lainnya yang menjelaskan kegiatan sertifikasi ini sebagai salah satu syarat wajib untuk menunjang kelulusan.

“Sertifikasi Zahir Accounting wajib diikuti oleh mahasiswa Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI selain sebagai salah satu indikator profil lulusan di Prodi Sistem Informasi Akuntansi, yaitu Accounting Analyst, juga sebagai bentuk pengakuan akan kemampuan dan kompetensinya dalam menganalisis dan mengolah data akuntansi serta mengoperasikan perangkat lunak akuntansi khususnya Zahir untuk bekal terjun didunia kerja,” tutup Dede.

Kegiatan sertifikasi juga menjadi keuntungan bagi mahasiswa lulusan, agar punya bukti tertulis dari kompetensi mereka. Pentingnya sertifikat ini, bisa menjadi rujukan untuk masuk ke dunia kerja, agar lebih diakui.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA