Luhut: Jangan Lagi Ada yang Meninggal di Rumah karena Isoman

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Mas Alamil Huda

Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Binsar Pandjaitan | Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta pemerintah daerah (pemda) menginstruksikan ke desa-desa untuk mengalokasikan delapan persen dana desanya. Dana itu bisa digunakan untuk membeli barang yang diperlukan untuk deteksi dini dan penanganan dini untuk pasien Covid-19. 

"Jangan sampai lagi ada yang meninggal di rumah karena isolasi mandiri," kata Luhut  dalam konferensi pers, Senin (2/8).

Luhut mengatakan, ada empat daerah yang masih menjadi perhatian khusus pemerintah. Empat daerah ini menjadi perhatian karena punya angka kasus kematian karena Covid-19 yang tinggi.

Luhut merinci empat wilayah tersebut adalah Bali, Yogyakarta, Malang Raya, dan Solo Raya. Dia menjelaskan empat daerah ini masih masuk dalam level 4 pemberlakuan PPKM.

Tingginya angka kematian di empat wilayah ini karena banyaknya kasus positif namun tidak mendapatkan akses fasilitas kesehatan. Banyak di antaranya melakukan isolasi di rumah. Karena tak terpantau, terjadi perburukan dan akhirnya meninggal.

"Hal ini terjadi karena masih banyaknya masyarakat yang melakukan isolasi mandiri sehingga telat dilakukan perawatan intensif di rumah sakit yang akibatnya menyebabkan kematian karena saturasi oksigen mereka rata-rata di bawah 90," ujar Luhut.

Luhut menjelaskan, pemerintah melakukan intevensi untuk menekan laju angka kematian karena isolasi mandiri ini. Luhut menjelaskan, pemerintah melibatkan TNI-Polri untuk membentuk task force. Nantinya, satuan ini akan bertugas menjemput para pasien yang isoman untuk ke tempat isolasi terpusat.

"Pemerintah mendorong pembukaan isolasi terpusat baru di wilayah ini dan mendorong peran serta TNI-Polri dan pemda untuk terlibat aktif melakukan penjemputan terhadap masyarakat yang melakukan isolasi mandiri agar tidak terjadi keadaan yang tidak diinginkan," ujar Luhut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Warga Desa Mata Air Gotong Royong Bantu Warga Isoman

Daerah dengan Tingkat Kematian Tinggi Perlu Perhatian Lebih

Pemerintah: Angka Positif Covid-19 Turun 50 Persen

Luhut: Kegiatan Ekonomi Bisa Dibuka Bertahap September

Infografis Jaga Mental Saat Isolasi Mandiri

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image