Senin 02 Aug 2021 17:15 WIB

8 Alasan Mengapa Jangan Pergi Langsung Usai Sholat Subuh 

Berdiam diri di masjid dan beribadah usai sholat Subuh besar pahalanya

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Berdiam diri di masjid dan beribadah usai sholat Subuh besar pahalanya. Ilustrasi sholat subuh
Foto: Republika/Edi Yusuf
Berdiam diri di masjid dan beribadah usai sholat Subuh besar pahalanya. Ilustrasi sholat subuh

REPUBLIKA.CO.ID, — Tidak hanya sholat Subuh yang mempunyai pahala besar, tetapi aktivitas setelah shubuh yaitu berdiam diri di masjid juga banyak pahalanya. 

فِي بُيُوتٍ أَذِنَ اللَّهُ أَنْ تُرْفَعَ وَيُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ.رِجَالٌ لَا تُلْهِيهِمْ تِجَارَةٌ وَلَا بَيْعٌ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ۙ يَخَافُونَ يَوْمًا تَتَقَلَّبُ فِيهِ الْقُلُوبُ وَالْأَبْصَارُ

Baca Juga

“(Cahaya itu) di rumah-rumah yang di sana telah diperintahkan Allah untuk memuliakan dan menyebut nama-Nya, di sana bertasbih (menyucikan) nama-Nya pada waktu pagi dan petang, orang yang tidak dilalaikan oleh perdagangan dan jual-beli dari mengingat Allah, melaksanakan salat, dan menunaikan zakat. Mereka takut kepada hari ketika hati dan penglihatan menjadi guncang (hari Kiamat).  (QS An Nur 36-37). 

Rasulullah Muhammad SAW, sebagaimana diriwayatkan dari Muslim, kerap berdiam diri di masjid bersama sahabat, belajar Alquran, setelah sholat Subuh hingga matahari benar-benar terbit sempurna. Berikut ini sejumlah keutamaan tetap berdiam diri setelah Subuh di masjid dengan kegiatan-kegiatan positif:       

 

 

Pertama, menjaga sholat Subuh berjamaah di masjid. Semoga Allah meridhai orang yang duduk di tempat sholatnya pada hari dan waktunya, dan dalilnya adalah sabda Nabi Muhammad: 

بورك لأمتي في بكورها “Ya Allah, berilah berkah untuk umatku di pagi harinya.” (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi dari Ibnu Umar.

Kedua, mendapatkan pahala haji dan umrah.

من صلى الصبح في جماعة ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس ثم صلى ركعتين كانت له كأجر حجة وعمرة تامة تامة تامة

“Barang siapa yang sholat Subuh berjamaah kemudian duduk ddzikir kepada Allah SWT hingga matahari terbit lalu sholat dua rakaat, pahala baginya seperti haji dan umroh, sempurna, sempurna, sempurna.”      

Ketiga, rutin membaca dzikir pagi dengan sepenuh  hati dan dengan kerendahan hati dan tanpa tergesa-gesa. 

Beberapa dzikir yang banyak diabaikan umat Islam, seperti melantunkan tahlil seratus kali, tasbih dan tahmid 100 kali berikut istighfar, dan bershalawat untuk Rasulullah SAW minimal 10 kali. Rasulullah SAW bersabda:     

من صلى علي حين يصبح عشراً وحين يمسي عشراً أدركته شفاعتي يوم القيامة

“Barang siapa yang bershalawat kepadaku di pagi hari 10 kali dan di sore hari 10 kali, maka dia akan mendapatkan syafaatku pada hari kiamat.” (HR Ath Thabrani).

Keempat, sangat membantu membaca dan menghafal Alquran.  

Kelima, duduk usai Subuh dapat lebih lama untuk memahami nasihat ulama atau ceramah ustadz. 

الملائكة تصلي على أحدكم ما دام في مصلاه الذي صلى فيه ما لم يحدث تقول: الله اغفر له الله ارحمه

“Malaikat akan mendoakan seseorang dari kalian selama dalam tempat sholatnya dan belum berhadas. Malaikat berdoa, “Ya Allah ampuni dia, Ya Allah kasihanilah dia.” (HR Bukhari).   

Ketujuh, memudahkan menjaga sholat Duha, seperti mendapatkan tiga ratus enam puluh sedekah pada seseorang setiap hari, sesuai dengan jumlah persendiannya, seperti dalam hadits yang diriwayatkan Muslim.  

Kedelapan, mengatur waktu dan berangkat kerja lebih awal, penuh kekuatan, aktivitas, dan kepercayaan serta ketergantungan kepada Allah. Orang yang duduk di masjid setelah sholat masih terhitung dalam sholat dan ibadah. Rasulullah SAW bersabda: 

لا يزال أحدكم في صلاة ما دامت الصلاة تحبسه “Kalian dicatat mendapat pahala sholat selama kalian menunggu sholat, sehingga tidak ada yang menghalanginya pulang kerumah kecuali karena menunggu sholat.”

 

Sumber: alukah 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement