Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Catatanteknisi

Cara Tes Kecepatan dan Kualitas Koneksi Internet

Teknologi | Sunday, 01 Aug 2021, 19:13 WIB
<a href=Uji Kecepatan Internet" />
Uji Kecepatan Internet

Koneksi internet yang kita gunakan tidak hanya butuh cepat saja tetapi juga harus stabil. Kecepatan internet diukur dari seberapa besar data dapat ditransfer perdetik. Kecepatan internet biasa diukur dengan Mbps (Mega bits per second) dan bisa berbeda untuk kecepatan upload dan download-nya.

Untuk aktifitas seperti video streaming, VoIP dan aplikasi yang membutuhkan data real-time seperti misalnya game online, maka kecepatan dan kehandalan koneksi internet menjadi sangat penting. Kualitas internet yang jelek bisa menimbulkan lag atau kualitas video dan suara yang terputus-putus.

Ping, Latency dan Jitter

Dalam pengukuran kualitas koneksi internet, terdapat beberapa istilah yang harus kita ketahui yaitu Ping, Latency dan Jitter.

Ping adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan tes koneksi antara dua buah komputer atau device dalam sebuah jaringan.

Saat kita melakukan tes ping ke server, maka komputer kita mengirimkan data (echo request) ke server, kemudian server meresponsnya dengan mengirimkan data balasan (echo reply).

<a href=Ilustrasi Ping" />
Ilustrasi Ping

Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan pulang pergi (dari komputer ke server dan balik lagi ke komputer) disebut Round Trip Time (RTT) atau biasa disebut juga sebagai waktu Ping.

Latency atau keterlambatan pengantaran paket data adalah total waktu yang diperlukan untuk mengirim pesan dari komputer kita ke server sampai kembali lagi ke komputer kita.

Dengan demikian maka waktu ping bisa dikatakan juga sebagai latency. Dalam prakteknya istilah Latency dan Ping sering digunakan bergantian. Latency juga kadang disebut sebagai Delay.

Sedangkan Jitter adalah ukuran variabilitas dalam ping seiring waktu atau variasi perubahan nilai Ping yang terjadi dari satu pengetesan ke pengetesan berikutnya.

Misalnya saat melakukan pengetesan Ping pertama mendapatkan nilai 52 ms dan Ping kedua 38 ms maka nilai Jitter adalah 14 ms.

Tes Kecepatan dan Kualitas Koneksi Internet

Kualitas koneksi internet yang baik ditentukan oleh seberapa cepat dan seberapa konsisten nilai Ping yang terjadi. Dengan kata lain koneksi internet yang baik mempunyai nilai Ping yang kecil, serta Jitter yang kecil dan stabil.

Untuk mengetahui kecepatan dan kualiatas jaringan internet bisa dilakukan secara online, yaitu dengan mengunjungi beberapa website atau dengan mengunjungi halaman uji kecepatan internet.

Hasil Pengujian Kecepatan Internet
Hasil Pengujian Kecepatan Internet

Kualitas koneksi internet yang baik, harus memiliki latency dibawah 250 ms. Jitter harus tetap di bawah 30 ms, untuk video conference tanpa gangguan nilai Jitter dibawah 20 ms. Dan untuk Packet Loss diusahakan kurang dari 1%. Untuk bandwidthnya sendiri minimal 3-5 Mbps, lebih besar lebih baik.

Update artikel ini bisa dibaca pada Cara Mengetahui Kecepatan dan Kualitas Koneksi Internet.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image