Ahad 01 Aug 2021 16:36 WIB

Minhyuk BtoB Kisahkan Perjuangan Lawan Covid-19

Suhu tubuh Minhyuk sempat berada di 40 derajat Celsius.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Minhyuk BTOB
Foto: Youtube
Minhyuk BTOB

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Setelah menghabiskan dua pekan di rumah sakit karena Covid-19, Minhyuk BtoB membagikan perjuangannya melawan penyakit yang disebabkan virus corona itu. Minhyuk mengadakan siaran langsung Instagram untuk membagikan kabar gembira bahwa dia akhirnya keluar dari rumah sakit.

Pada awal bulan ini, Minhyuk melakukan karantina mandiri sebagai tindakan pencegahan setelah guru vokalnya dinyatakan positif Covid-19. Sementara Minhyuk awalnya dites negatif untuk virus tersebut, dia didiagnosis dengan Covid-19 hanya tiga hari setelah mendapatkan hasil tes awal itu.

Rapper itu akhirnya dirawat di rumah sakit pada 17 Juli, setelah menderita batuk dan demam tinggi. Meskipun dalam semangat yang baik, Minhyuk terlihat terus batuk sepanjang siarannya.

"Saya keluar dari rumah sakit hari ini. Orang-orang mengatakan (dalam komentar) bahwa saya kehilangan banyak berat badan, dan itu benar," kata pemilik nama Lee Min-hyuk itu dilansir Soompi, Ahad (1/8).

Dia menimbang berat badannya di rumah sakit ternyata kurang dari 58 kilogram. Dia mengatakan kehilangan sekitar empat hingga lima kilogram, ketika berada di rumah sakit. Namun, dia meyakinkan para penggemar bahwa dia sudah lebih baik sekarang, dan itulah alasannya sudah keluar dari rumah sakit.

Minhyuk menjelaskan kondisinya yang bergejala membuat dia berakhir di rumah sakit. Suatu hari, dia mengatakan suhu tubuhnya terus meningkat dari 39 menjadi 40 derajat Celsius. Kemudian, sebuah ambulans datang pada dini hari dan membawanya ke rumah sakit. Selama sekitar satu pekan, dia hampir tidak tahu apa yang sedang terjadi padanya.

"Selama sekitar tujuh hingga delapan hari, mulai dari hari gejala saya pertama kali muncul, suhu saya tetap 39 derajat Celsius selama sepekan penuh. Mereka terus memberi saya penurun demam di rumah sakit, tetapi bahkan dengan penurun demam, suhu terendah yang pernah saya dapatkan adalah 38,3 derajat Celsius," ujar penyanyi kelahiran 29 November 1990 itu.

Kemudian, Minhyuk mendesak para penggemarnya untuk berhati-hati menjaga kesehatan. Meskipun dia mengatakan cukup beruntung tidak merasakan gejala parah, tetapi dia mendesak penggemarnya untuk menjaga kesehatan baik-baik.

"Saya ingin mendorong Anda untuk berhati-hati, sungguh. Saya memulai siaran langsung ini karena saya ingin memberi tahu Anda bahwa Anda harus berhati-hati," kata bintang film The Swordsman itu.

Pada awalnya, Minhyuk menjelaskan dia mengalami batuk sangat parah hingga tidak bisa bernapas. Kemudian, suhu tubuhnya naik hampir hingga 40 derajat Celsius pada tengah malam. Dia bisa merasakan kepalanya sangat sakit, seperti mau pecah.

"Karena sakit kepala saya sangat parah, saya bahkan tidak tahu apa yang terjadi di minggu pertama saya (di rumah sakit). Saya mengalami masa yang sangat, sangat, sangat sulit karena saya sangat sakit," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement