Ahad 01 Aug 2021 15:44 WIB

Film Fantasi Hollywood yang Mengeksplorasi Dunia Roh

Film Nine Days menyadarkan penonton untuk bersyukur atas berbagai momen.

Rep: Gumanti Awaliyah/Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Film Nine Days.
Foto: Sony Pictures Classicsures Classics
Film Nine Days.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES --  Dalam film Nine Days, Winston Duke berperan sebagai pertapa di dunia roh yang bertugas mengaudisi jiwa-jiwa baru untuk hidup di bumi. Semuanya berjalan seperti biasanya, hingga suatu ketika, ada satu jiwa (Zazie Beetz) yang mengajukan pertanyaan dan membuatnya bertanya-tanya tentang se-menakjubkan apa hidup di bumi

Sinema Nine Days tidak hanya sekadar film tentang perjalanan spiritual, namun juga memberikan penyadaran ulang untuk selalu bersyukur atas berbagai momen yang telah dilalui. Meski begitu, film ini disajikan dengan bahasa dan logika yang sederhana, serta emosi yang dibangun dengan sempurna.

Sutradara film Nine Days, Edson Eda, adalah penggemar semua hal terkait meta, baik itu metafisik maupun metafora. Karenanya semua detail di film digarap dengan begitu apik.

Selain Nine Days, ada banyak film Hollywood yang mengeksplorasi dunia roh dan bisa menjadi alternatif tontonan. Dilansir NPR, Ahad (1/8), berikut daftar filmnya:

1. Soul (2020)

photo
Salah satu adegan dalam film Soul. Film ini dinilai memiliki iringan musik terbaik sepanjang 2020. - (Disney/Pixar.)

 

Soul menyajikan perspektif baru tentang bagaimana jiwa-jiwa di alam roh di seleksi dan dipersiapkan untuk hidup di bumi. Jika menengok kisah animasi dari Pixar ini, Anda bisa mengerti bahwa setiap jiwa yang bisa hidup di dunia memiliki keistimewaan dan kebaikan.

Film ini jauh dari kata bosan dan menggurui, sutradara Pete Docter, mengemasnya dengan kisah sederhana. Dimulai dari seorang guru musik sekolah menengah, Joe (Jamie Foxx), yang impiannya menjadi bintang klub musik jaz tidak berjalan sesuai rencana karena mengalami kecelakaan dan koma. Melihat jasadnya koma, roh Joe melakukan berbagai cara untuk kembali masuk, salahsatunya menyelami dunia ruh.

2. After Life (1999)

photo
Film After Life. - (Engine Film/TV Man Union)

 

Seperti judulnya, film ini bercerita tentang bagaimana persiapan manusia menuju kehidupan berikutnya. Drama yang disutradarai Hirokazu Kore-eda, itu mengisahkan tentang seseorang yang baru saja meninggal dan ruhnya dihadapkan pada berbagai pertanyaan abadi: mengapa Anda ada di sini, apa yang membuat Anda bahagia. Kisah yang sederhana, lembut namun bergema, yang menjadi contoh mengapa Kore-eda dianggap sebagai salah satu humanis hebat perfilman.

3. Defending Your Life (1991)

photo
Film Defending Your Life. - (Warner Bros.)

 

Setelah meninggal di BMW barunya beberapa menit setelah mengendarainya dari tempat dealer, Albert Brooks terbangun di Judgment City, semacam stasiun jalan surgawi di mana dia diberi kesempatan mempertanggungjawabkan kehidupannya di bumi. Jika dia menang dalam kasusnya, dia bisa melanjutkan perjalanan ke surga. Namun jika kalah, dia akan bereinkarnasi ke bumi dalam bentuk lain, mungkin menjadi seekor kuda.

Di Judgment City, ada pengacara pembela (Rip Torn), jaksa (Lee Grant), dan kafetaria di mana makanannya enak. Brooks juga bisa makan sebanyak apapun yang dia mau, karena di dunia ruh semuanya tidak memiliki kalori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement