Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khairus Sakinah Chaeruddin

Media FlashCard

Eduaksi | Sunday, 01 Aug 2021, 07:53 WIB

Kartu adalah potongan dari beberapa kertas yang didalamnya dituliskan frase, kata atau kalimat pada setiap bagiannya. Dan kartu merupakan media efektif yang membantu dalam proses pembelajaran siswa, dan melalui kartu kegiatan belajar mengajar akan lebih efektifdan menarik.

media kartu yang dimaksud adalah kartu kecil yang berisi gambar, konsep, soal, atau tanda symbol yang mengingatkan siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari.

Media kartu dapat membantu guru dalam prosesbelajar bahasa arab. Pengembangan media kartu ini sebagai media instruksional pada mata pelajaran bahasa arab yang diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya dalam peningkatan kemampuan siswa

Media kartu ini dapat dibuat dari kertas manila, namun juga dapat memanfaatkan kertas karton kemasanproduk tertentu seperti daur ulang map bekas, sampul buku tulis atau kertas tebal lainnya.

Selain itu media kartu atau flash cards dapat digunakan dengan cara yang rekreatif, misalnya pada saat proses belajar mengajar berlangsung, guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengamati kartu yang ditunjukkan satu persatu dan kemudian bagi siswa yang bisa menjawab boleh langsung mengambil kartu kartu tersebut

Dengan system permainan ini, akan bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dalam mempelajari bahasa arab.

Adapun manfaat dari penggunaan kartu sebagai media pembelajaran diantaranya:

Siswa mendapatkan imajinasi dari apa yang dipelajari dengan bahasa yang mudah dan meyenangkan.

Mendorong siswa untuk memindahkan mata mereka dari halaman-halaman buku, sehingga membuat siswa lebih mudah berbicara dengan temannya.

Membantu dalam pembelajaran maharah al-istima’, maharah al-kalam dan maharah al-qiro’ah dan memungkinkan guru mencapai satu kesatuan yang utuh antara ketrampilan ini dengan cara yang konstruktif (memperbaiki).

Merupakan alat bantu visual dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran lebih hidup dan menarik.

Kartu Permainan merupakan salah satu media kontekstual karena media ini secara tidak langsung dapat membawa peserta didik ke alam nyata dalam konteks pembelajaran.. Pesan yang tertera pada kartu permainan merupakan bentuk ungkapan secara verbal yang tertuang melalui potongan- potongan kertas. Media ini tergolong media yang murah meriah dan fleksibel. Karena hanya membutuhkan potongan karton atau kertas tebal dan pulpen/spidol. Dan dapat dibawakemana akan digunakan. Kartu Permainan ini beragam jenisnya.

dapat dikemukakan disini ada beberap jeniskartu permainan yang dapat digunakan dalam flash card yaitu:

1.Kartu pertanyaan dan jawaban (Bithoqah al As-ilah wa al-ijabah).

2.Kartu Penyempurna (Bithoqah al Takmilah).

3. Kartu Kosa kata (Bithoqah al mufradat)

Adapun Kelebihan dan Kekurangan Media Kartu sebagai berikut:

a) Kelebihan

· Mudah diperoleh

· Dapat digunakan langsung oleh para peserta didik

· Dapat menarik perhatian lebih dari peserta didik

· Membantu pendidik dalam menyampaikan materi dengan mudah dan cepat dipahami

· Membuat metode mengajar akan lebih variasi

b) Kekurangan

- Tidak dapat menampilkan benda atau objek yang terlalu besar

- Ukuran kartu terlalu kecil untuk ditampilkan secara klasikal

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image