Sabtu 31 Jul 2021 07:24 WIB

PTPP Galang Donor Plasma Konvalesen

Kegiatan ini sebagai rangkaia  Ulang Tahun Ke-68 PT PP pada Agustus 2021.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
PTPP.  PT PP (Persero) Tbk melaksanakan kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen
Foto: Istimewa
PTPP. PT PP (Persero) Tbk melaksanakan kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PP (Persero) Tbk melaksanakan kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen di Proyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta. Adapun langkah ini sebagai upaya mendukung program pemerintah menangani pandemi Covid-19.

"Dalam kegiatan tersebut perusahaan melalui Tim Satgas Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Unit Donor Darah DKI Jakarta," ujar Sekretaris Perusahaan PT PP Yuyus Juarsa dalam keterangan resmi, Jumat (30/7).

Baca Juga

Dalam kegiatan tersebut terdapat 46 orang penyintas Covid-19 yang berasal dari pegawai, pekerja, dan pemilik Proyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru.

Plasma Konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh dan kemudian diproses sebelum diberikan kepada pasien atau penderita Covid-19. "Donor plasma konvalesen ini dapat menyelamatkan jiwa manusia serta membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional," kata Yuyus.

Kegiatan donor plasma konvalesen, lanjut Yuyus, merupakan kegiatan donor pertama perseroan yang diselenggarakan. Kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-68 PT PP yang jatuh pada Agustus 2021.

Sementara itu, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PP Nurlistyo Hadi mengatakan, perseroan juga sedang merencanakan kegiatan donor tersebut yang akan dilaksanakan di Kantor Pusat maupun di daerah-daerah wilayah kerja perusahaan.

"Kami berharap kegiatan yang saat ini sedang dilaksanakan di Proyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru dapat dijadikan contoh untuk pelaksanaan di tempat-tempat lainnya," kata Nurlistyo.

Meningkatnya kasus Covid-19 disertai dengan meningkatnya jumlah permintaan plasma konvalesen di Indonesia menggerakkan perseroan turut berperan serta membantu pemerintah dan masyarakat yang membutuhkan plasma tersebut. "Dengan dilaksanakannya kegiatan ini secara rutin ke depannya, diharapkan dapat membantu pemerintah memenuhi stok kebutuhan plasma konvalesen,"ucap dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement