Sabtu 31 Jul 2021 07:19 WIB

'Trisula Strategi Pemberantasan Korupsi Butuh Penyesuaian'

Di tengah pandemi lembaga antirasuah memastikan pemberantasan korupsi tetap berjalan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Agus Yulianto
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan pandemi Covid-19 berdampak hampir pada seluruh aktivitas masyarakat, termasuk upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK. Trisula strategi pemberantasan korupsi melalui upaya Pencegahan, Penindakan, dan Pendidikan Antikorupsi butuh berbagai penyesuaian teknis pelaksanaannya.

"Melihat kasus positif Covid-19 yang masih relatif tinggi hampir di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali yang menimpa beberapa pegawai KPK, mengharuskan kami menyesuaikan kondisi tersebut, " kata Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu (31/7) 

Ali menuturkan, selain pertimbangan kondisi internal, juga kondisi eksternal. Karena upaya pemberantasan korupsi tentunya juga melibatkan pihak-pihak eksternal KPK,

Oleh karenanya, KPK meminimalisasi mobilitas pegawai turun langsung ke lapangan. Sehingga program kegiatan sebagian besar telah beralih ke daring. 

"Meski dalam beberapa hal tetap butuh dilakukan temu fisik, sehingga pelaksanaannya pun tak jarang terkendala, " ungkap Ali. 

Pada proses penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan suatu perkara, ada beberapa hal yang tetap butuh tim KPK turun langsung ke lapangan, misalnya, untuk menghimpun keterangan dan alat bukti. Dalam situasi pandemi dan keterbatasan personel KPK ini, lanjut Ali, lembaga antirasuah memastikan pemberantasan korupsi tetap berjalan. 

"Kami tetap melakukan rangkaian sidang dakwaan, tuntutan, dan putusan yang sebagian telah beralih melalui daring," tegas Ali.

Bahkan, ucap dia, pihaknya juga tetap melakukan upaya-upaya penyelidikan dan penyidikan melalui case building. Hal ini, guna mengungkap terangnya suatu perkara dan pada waktunya, KPK akan sampaikan setiap perkembangannya kepada masyarakat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement