'Pemerintah Harus Jadi Motor Penyemangat Saat Pandemi'

Red: Fernan Rahadi

Mendagri Tito Karnavian saat kunjungan kerja ke Brebes.
Mendagri Tito Karnavian saat kunjungan kerja ke Brebes. | Foto: Dok Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Mendagri Tito Karnavian menyebut bahwa Pandemi Covid-19, sebagai krisis yang panjang. Karena itu, masyarakat bisa saja bosan, tetapi pemerintah tak boleh jenuh namun harus menjadi motor penyemangat masyarakat.

"Covid-19 ini krisis yang panjang, sudah satu setengah tahun," kata Mendagri Tito dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (29/7).

Karena itu, kata Mendagri kedatangnnya ke Brebes untuk memberikan dorongan semangat, agar Bupati beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah tetap menjaga kekompakan dan tidak terlarut dalam kejenuhan.  "Kapolres, Pak Dandim, dan Ibu Kejari, mereka orang-orang yang paham lapangan," ujar mantan Kapolri ini.

Dalam kesempatan tersebut Mendagri, menyampaikan terima kasih mendapakan paparan dari Bupati Brebes Idza Priyanti, terutama pencairan dana insentif bagi tenaga kesehatan yang hampir 100 persen pada bulan Juni 2021.

"Saya atas nama Pemerintah Pusat dan para tenaga kesehatan menyampaikan terima kasih atas kerja keras Ibu Bupati semoga Allah SWT, membalas kebaikan Ibu Bupati" ujar Tito.

Mendagri juga mengapresiasi, besarnya bantuan sosial bagi warga terdampak di Kabupaten Brebes.  "Di sini Bansos cukup besar, jumlahnya lebih 600 ribu lebih. Ini ada Bansos Pusat  dan daerah. Tinggal yang belum terdaftar sebagai penerima manfaat, tetapi sangat membutuhkan bisa di cover oleh Bansos daerah," ujar Mendagri.

Mendagri menegaskan, agar kepala daerah dan Forkompimda turun membawa Bansos. Lalu teman-teman media bantu tulis dan menyiarkan.  "Ini akan menunjukkan Pemerintah itu turun langsung dari Pusat dan daerah," kata Tito.

Terkait Bansos Pemerintah Daerah juga memfasilitasi Coorporate Social Responssibily (CSR), dari perusahaan-perusahaan atau menggandeng Baznas yang pertanggungjawabannya lebih ringan,  juga menggalang semangat gotong royong bagi warga masyarakat yang mampu untuk membantu warga tak mampu.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kab Bogor Target 8.575 Sasaran Vaksinasi di Tiap Kecamatan

Penyebab Tingkat Kematian Pasien Covid-19 di Garut Tinggi

Pertamina EP Beri 50 Bed Set untuk di Indramayu

Vaksinasi di Jayawijaya Sudah Jangkau 40 Distrik

Karangan Bunga Dukacita Alami Kenaikan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark