Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Napi Sudah Bebas Usai Divaksin Bisa Vaksinasi Kedua di Lapas

Jumat 30 Jul 2021 15:25 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Sejumlah Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) menunggu giliran pendaftaran saat giat serbuan vaksinasi Covid-19 di Lapas Perempuan (ilustrasi).

Sejumlah Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) menunggu giliran pendaftaran saat giat serbuan vaksinasi Covid-19 di Lapas Perempuan (ilustrasi).

Foto: ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Setidaknya 4.000 narapidana dan tahanan di Jawa Tengah sudah divaksin.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Jawa Tengah (Jateng), Supriyanto menyebut, narapidana yang bebas usai memperoleh suntikan pertama vaksin Covid-19, difasilitasi untuk mendapat suntikan kedua di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Kalau sudah ada yang bebas sebelum memperoleh suntikan kedua, kami akan tetap memfasilitasi mendapat suntikan di lapas," kata Supriyanto di sela memeriksa pelaksanaan vaksinasi di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Semarang, Provinsi Jateng, Jumat (30/7).

Fasilitasi juga diberikan kepada napi berkewarganegaraan asing yang sedang menjalani hukuman di dalam lapas di Jateng. Supriyanto menuturkan,  pelaksanaan vaksinasi terhadap 13.800 narapidana dan tahanan yang menghuni berbagai lapas sejak beberapa hari terakhir ini.

Menurut dia, setidaknya 4.000 narapidana dan tahanan di Jateng sudah divaksin. "Masih berlangsung. Pekan depan juga sudah mulai dilaksanakan di Lapas Nusakambangan Cilacap," kata Supriyanto.

Adapun pelaksanaan vaksinasi di Lapas Perempuan Semarang diikuti oleh 274 narapidana dan tahanan. Supriyanto mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi lapas perempuan ini selesai dalam sehari tanpa kendala.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA