Jumat 30 Jul 2021 13:23 WIB

Turki Segera Mulai Eksplorasi Hidrokarbon Baru di Laut Hitam

Turki berencana memulai pengeboran eksplorasi baru di Laut Hitam pada akhir 2021

Turki berencana memulai pengeboran eksplorasi baru di Laut Hitam pada akhir 2021.
Turki berencana memulai pengeboran eksplorasi baru di Laut Hitam pada akhir 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA  - Turki berencana memulai pengeboran eksplorasi baru di Laut Hitam pada akhir 2021 atau awal 2022, menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Alam negara itu Fatih Donmez pada Kamis.

Berbicara dalam siaran langsung yang disiarkan di saluran televisi TRT Haber dari kapal bor pertama Turki ‘Fatih’, Donmez mengatakan penelitian seismik di Lapangan Gas Sakarya, yang membentang hingga 11.000 kilometer persegi di area seluas 320.000 kilometer persegi di Laut Hitam, telah selesai.

Baca Juga

"Ini adalah bidang besar, ada lebih banyak tempat yang akan diteliti di Laut Hitam," kata Donmez, menekankan akan lebih banyak penelitian geologi diperlukan di daerah tersebut.

Penemuan gas terbesar Turki dengan kapasitas 405 miliar meter kubik ditemukan oleh kapal bor nasional pertama negara itu, Fatih, di Ladang Gas Sakarya di Laut Hitam tahun lalu.

Bulan lalu, Turki kembali mengumumkan penemuan ladang kedua sebesar 135 miliar meter kubik atau billion cubic metres (bcm), sehingga total penemuan gas secara kumulatif menjadi 540 bcm.

Penemuan-penemuan ini penting bagi negara yang sangat bergantung pada impor yang mahal demi memenuhi kebutuhan energinya.

"Ketika melihat sumber daya energi primer, kami mengimpor sekitar 70 persen sumber daya energi yang dibutuhkan dan ini termasuk produk minyak dan minyak bumi serta gas alam.”

“Turki mengimpor 98 persen dari gas alam yang dikonsumsinya, yaitu sekitar 50- 55 bcm per tahun,” kata Donmez.

Gas sebanyak 540 bcm yang baru-baru ini ditemukan di Laut Hitam akan mulai dikonsumsi di Turki pada tahun 2023 untuk mengurangi impor gas selama 10 tahun ke depan, kata Donmez.

Dia juga menegaskan bahwa negaranya akan melanjutkan kegiatan eksplorasinya di Laut Hitam untuk mengurangi ketergantungan energi eksternal.

Donmez mengatakan pemerintah berencana untuk menambah kapal bor keempat ke armada kapalnya yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir.

"Akhir tahun ini atau awal tahun depan, kami bisa melakukan pengeboran eksplorasi lagi di ladang yang lebih jauh ke barat dari posisi kami saat ini di Laut Hitam," tutur dia.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/turki-segera-mulai-eksplorasi-hidrokarbon-baru-di-laut-hitam/2318304
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement